HMPS MD Kenalkan Kopi “Ala Santri”


Ajang Wirausaha ala Mahasiswa 2018  yang di gelar di IAIN Purwokerto ternyata tidak hanya dipenuhi euforia kegiatan mahasiswa saja. IAIN Purwokerto  menyediakan stand khusus bagi mahasiswa dan umum untuk berpartisipasi dan berlatih wirausaha dalam even yang dilaksanakan pada 14 Juni 2018.

Pelopor Wirausahawan HMPS MD

HMPS Manajemen Dakwah sebagai salah satu lembaga kemahasiswaan di Fakultas Dakwah juga memanfaatkan fasilitas stand tersebut untuk berlatih berwirausaha para anggotanya. “Coffee Bani Rasul” dipilih sebagai produk yang dijual selama kegiatan Wirausaha ala Mahasiswa

Coffee Bani Rasul (CBR) merupakan kopi hasil produksi para santri pondok pesantren Bani Rasul Purwokerto. Kopi yang dirintis sejak tahun 2000-an ini menggunakan biji kopi Lampung dan gula semut sebagai penambah cita rasanya.

“Tadinya kita ingin berjualan cenderamata berupa pin, tapi karena keterbatasan modal  dan waktu akhirnya teman-teman  patungan kemudian diputuskan CBR saja karena kopi ini belum banyak diketahui. Terlebih jika dilihat latar belakang CBR yang diproduksi oleh santri, tentu ini sangat istimewa.” Ujar Souroya ketua Himpunan Mahasiswa (HMPS MD) mengungkapkan alasan di balik pemilihan kopi sebagai produk yang dipasarkan.

“Untuk hasil penjualannya kita bagi untuk anggota dan kas HMPS MD. Sementara stok barangnya sudah kami beli terlebih dahulu dari pengelola CBR.” Tambah Souroya.

Selain untuk membantu melakukan branding kopi ala santri tersebut, Souroya dan kawan-kawan mengaku cara ini sebagai bentuk latihan langsung dalam manajemen keuangan. Terlebih prospek jurusan mereka salah satunya adalah sebagai wirausahawan di masa mendatang. (Tasa)

Leave a Reply