Fakultas Dakwah Melaksanakan Tashih Soal UAS Semester Gasal 2018-2019

Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto melakukan koordinasi pada acara konsorsium Fakultas Dakwah dengan melaksanakan tashih soal UAS Semester Gasal pada 5 Desember 2018. Bertempat di ruang Rapat Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto, koordinasi ini dihadiri oleh Wakil Dekan I dan dosen konsorsium mata kuliah keilmuan yang ada di Fakultas Dakwah.

Kegiatan Tashih Soal UAS Fakultas dakwah

Menurut Najib, soal ujian UAS harus divalidasi oleh peerreviewer atau yang biasa disebut dengan penanggungjawab keilmuan yang ditetapkan dalam konsorsium. Hal ini merupakan upaya penyelarasan antara tujuan pembelajaran dengan capaian pembelajaran yang sudah ditetapkan.

Dalam membuat soal ujian perlu memenuhi standar yang ditetapkan meliputi standar format dan materi soal. Soal UAS harus sesuai dengan RPS. Materi yang diujikan sesuai dengan periode ujian. Soal ujian mencakup kompetensi/learning outcome yang dicantumkan dalam RPS (kognitif/afektif/psikomotorik). Soal mencantumkan bobot nilai pada setiap soal. Bobot nilai soal sesuai dengan tingkat kesulitan.

Dalam rapat koordinasi ini, dilakukan validasi terhadap soal UAS yang sudah masuk ke Fakultas. Dalam edaran pengumpulan soal yang dikeluarkan, Dosen terakhir mengumpulkan soal ke Fakultas Dakwah tanggal 4 Desember 2018.

Dosen yang ditunjuk sebagai reviewer soal ujian melaksanakan tugas review dengan mengesahkan soal yang dibuat dan disetujui oleh Kaprodi terkait. Dalam rapat konsorsium kali ini, Najib, selaku Wadek I mengawal jalannya tashih soal yang direview oleh Amirotun Sholikhah selaku Penanggungjawab Bidang Keilmuan Humaniora dan Uus Uswatussolihah selaku Penanggungjawab Bidang Komunikasi.

Hasil review soal diserahkan ke Ketua Konsorsium. Dari hasil review dan tashih soal, ada beberapa perbaikan terkait kesesuaian soal dan RPS yang sudah dibuat. Ketua Konsorsium selanjutnya menyerahkan soal yang telah di review kepada Prodi dan selanjutnya dikembalikan kepada dosen pengampu mata kuliah yang direview untuk ditindak lanjuti atau diperbaiki berdasarkan saran-saran dari reviewer.

Diharapkan tashih soal dimanfaatkan sepenuhnya sehingga dapat menjadi masukan dalam pembuatan soal selanjutnya.

Leave a Reply