Mahasiswa KPI Juarai SAEZU Championship

Komuntas Jurnalis/Laboratorium/Fakultas Dakwah

Purwokerto –  Sejumlah mahasiswa Fakultas Dakwah Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam menjuarai Saizu Championship. Mereka adalah Riza Miftakhussalam (Juara 1 Kelas B), Yahya Tsaquf (Juara 2 Kelas A Putra), Muhammad Aiq Haidar (Juara 2 Kelas E Putra), Dini Septianingsih (Juara 2 Kelas A Putri), dan Zumroh Arofi (Juara 1 Kelas C Putri).

Saizu Championship merupakan perlombaan silat di bawah naungan UKM Pencak Silat, dan baru pertama kalinya terselenggara. Lomba tersebut dilaksanakan di Auditorium IAIN Purwokerto pada Sabtu (13/2/2021). Dengan mengambil tema “Kawal Sportivitas Cetak Generasi Emas”, Riko Agung Kurnia selaku ketua panitia menyebutkan bahwa ajang seperti ini dilaksanakan untuk meningkatkan sportivitas pesilat.

“Kebetulan Saizu Championship memang baru terselenggara untuk yang pertama kalinya. Jadi menurut saya memang banyak koreksi untuk suatu hal yang lebih baik di Saizu Championship selanjutnya.” ungkap Riko saat ditemui oleh LPM Saka, (13/2).

Peserta Saizu Championship diikuti oleh tiga perguruan silat di IAIN Purwokerto. Yakni kawan-kawan dari Persaudaraan Setia Hati Terate, Tapak Suci, dan Pagar Nusa. Selain itu para atlit yang mengikuti kegiatan Saizu Championship terdiri atas 39 fighter dan 2 seni.

Salah satu mahasiswa KPI yang juga meraih juara, Dini Septianingsih mengungkapkan bahwa seluruh anggota di bawah UKM Pencak Silat ikut terlibat dalam Saizu Championship baik menjadi panitia maupun pemain tanding.

“Harapannya ke depan semoga acara yang akan diadakan setiap tahun ini bisa terus dikembangkan. Serta bisa menghadirkan peserta bukan hanya dari lingkup IAIN Purwokerto akan tetapi ke lingkup yang lebih besar mulai dari se-Barlingmascakeb bahkan sampai se- Jateng DIY” jelas Dini.

Adanya pandemi Covid-19 serta waktu perencanaan yang bertepatan dengan dilaksanakannya UAS Semester Ganjil menjadi kendala tersendiri dalam mempersiapkan Saizu Championsip. Meski demikian ketua panitia berharap melalui kegiatan ini dapat mencetak atlit yang berkualitas.

“Semoga terus eksis di setiap tahunnya bahkan mampu menyelenggarakan perlombaan di tingkat daerah hingga ke tingkat nasional. Besar harapan saya Saizu Championship mampu mencetak atlet-atlet silat yang lebih berkualitas dan mampu bersaing baik di kancah nasional maupun internasional. Serta mampu memotivasi kawan-kawan di setiap perguruan tinggi untuk terus meningkatkan kualitas pesilat.” pungkasnya.

Reporter : Mukhammad Khoiru Tamam dan Hilmi Andika

Tags