IAIN Purwokerto Resmi Alih Status Menjadi UIN SAIZU

Purwokerto – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto resmi beralih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. K.H. Saifuddin Zuhri. Perubahan status tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2021, tanggal 11 Mei 2021.

Dalam acara “Nylameti Jeneng” UIN Saizu Purwokerto, Selasa (1/6), Rektor Moh. Roqib mengungkapkan, beralihnya IAIN Purwokerto menjadi UIN Saizu memiliki arti upaya menghadirkan perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) yang mengintegrasikan keilmuan Islam dan umum telah menjadi kenyataan.

“Setelah ini kami segera meningkatkan seluruh kemampuan, baik secara akademik maupun kelembagaan. Menjadi UIN yang memiliki kualitas. Bukan saja diakui secara nasional tetapi juga internasional,” ungkapnya.

Beliau menambahkan, dengan beralihnya status ini maka UIN Saizu Purwokerto mempunyai tugas menyelenggarakan program pendidikan tinggi ilmu agama Islam. dan program pendidikan tinggi ilmu lain, atau membuka program studi cabang ilmu lain untuk mendukung penyelenggaraan program pendidikan tinggi ilmu Agama Islam.

“Beberapa hal yang akan segera ia lengkapi, sempurnakan, dan kuatkan agar potensi yang dimiliki dapat cepat berkembang, sehingga dapat bersinergi dengan seluruh komponen yang dimiliki oleh masyarakat dan pemerintah,” terang Moh. Roqib.

Lebih lanjut rektor mengemukakan, UIN Saizu akan memiliki pusat kajian dan pengembangan budaya penginyongan. Hal tersebut berkaitan dengan pengembangan bahasa melayu rakyat.

“Ini akan menjadi pembeda UIN Saizu dengan UIN yang lain,” kata Roqib.

Saat ini, UIN sedang menyiapkan pengembangan kampus di Purbalingga. Rektor berharap hal ini akan menjadi bagian dari mercusuar daerah dan menjadi destinasi pendidikan yang layak di Jawa Tengah maupun nasional.

Penulis : Zahrotul Mawaddah

Leave a comment