UIN Saizu Lakukan Vaksinasi Gratis Bagi Mahasiswa

Purwokerto –  Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) menyelenggarakan program Vaksinasi Mahasiswa Nasional di halaman Gedung Rektorat pada Senin, (30/08/2021). Program ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatan imunitas agar dapat mencegah penularan pandemi Covid-19 di seluruh daerah Indonesia.

Program vaksinasi dengan vaksin jenis Moderna ini dapat terselenggara atas kerja sama UIN SAIZU dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) PTKIN Se-Indonesia dengan TNI dan Polresta Banyumas.

Rektor UIN Prof K.H Saifuddin Zuhri Moh. Raqib mengungkapkan bahwa program vaksinasi ini dikhususkan untuk warga masyarakat kampus dan beberapa ada dari warga sekitar.

“Kegiatan ini menjadi sesi peningkatan kesehatan bagi seluruh komponen masyarakat utamanya adalah keluarga besar dan warga kampus UIN Saizu, ” ungkapnya.

Moh. Raqib juga menuturkan jumlah mahasiswa UIN Saizu tahun ini ada sekitar 14 ribu mahasiswa. Namun, jumlah vaksin yang baru tersedia sekitar 1.300 vaksin pada tahap pertama ini. Sementara untuk tenaga kependidikan  baik dosen maupun pimpinan hampir 90% lebih sudah melakukan vaksin beberapa bulan lalu.

“Dimungkinkan nanti akan ada vaksinasi ke 2. Tetapi untuk waktunya itu tergantung nanti persediaan. Kami akan terus berkomunikasi dengan TNI, POLRI dan tenaga kesehatan sekitar terkait hal itu, ” terangnya.

Gerakan vaksinasi mahasiswa ini bertajuk “Sinergitas Mahasiswa, TNI dan Polri dalam Penanggulangan Covid-19”. Ketua DEMA UIN Saizu, Moh. Fahmi Sahal mengatakan proses vaksinasi dibagi dalam 5 sesi yang dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan kuota 300 orang dalam setiap sesinya di Auditorium UIN Saizu.

“Harapannya UIN ini menjadi kampus yang besar. Artinya, kita coba memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar dimulai dari vaksinasi ini. Kita ingin membuktikan bahwa UIN lebih baik,” kata Sahal.

Ketua DEMA Fakultas Dakwah, Amri Syarof Lazuardi yang juga mengikuti vaksinasi ini mengungkapkan sangat lega lantaran sudah divaksin.

“Lega dan luar biasa. Semoga kedepan kuotanya bisa ditambah lagi. Dan untuk yang belum vaksin, segera vaksin dan jangan lupa tetap mematui protokol kesehatan,” pungkasnya.

Reporter : Gema Sahara

Leave a comment