Prodi BKI UIN SAIZU Gelar Webinar Internasional “Penguatan Kompetensi Melalui Sertifikasi Profesi”

Purwokerto- Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto menggelar webinar penguatan kompetensi mahasiswa prodi BKI  “Penguatan Kompetensi melalui sertifikasi profesi mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam.” Webinar secara daring diikuti oleh 700 peserta yang berasal dari Prodi BKI UIN SAIZU melalui aplikasi Zoom dan live streaming You Tube, (22/11/2020).

Menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya yaitu Dr. Muhamad Sophian dosen Universitas Malaysia Sarawak dan Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo Dosen Universitas Negeri Semarang.  Keduanya menyampaikan tentang penguatan Kompetensi melalui sertifikasi profesi Mahasiswa Program studi Bimbingan dan Konseling Islam, dengan moderator Luthfi Faishol, M.Pd.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Dakwah UIN SAIZU Purwokerto Prof. Dr. H. Abdul Basit, M.Ag., mengatakan bahwa Sertifikasi bagi mahasiswa sangat penting.

“Kesuksesan dalam perkuliahan  tak hanya bisa diraih dari sekedar ilmu pengetahuan semata, tetapi juga didukung oleh keahlian dan kompetensi diri. Penting bagi mahasisiwa BKI untuk memiliki sertifikasi profesi. Sebagai  generasi muda yang mandiri, harus mampu memperbaharui skill untuk menghadapi tantangan masa depan,” jelas Basith.

Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo menyampaikan bahwa untuk mendapatkan pengesahan sertifikasi profesi memerlukan berbagai tahapan.

“Untuk menguasai kompetensi tertentu, perlu proses belajar secara sistematis dan formal yang diselenggarakan oleh lembaga yang berwenang misalnya UIN SAIZU. Selain itu perlu ujian untuk memastikan tingkat penguasaan komptensi. Berbagai tahapan maupun prosedur harus dilalui untuk untuk memastikan bahwa personil layak mendapatkan sertifikat dan menguasai kompetensinya,” jelasnya.

Nur Azizah, M.Si kaprodi BKI UIN SAIZU menyampaikan banyak terimakasih kepada kedua narasumber. “Kami menyampaikan terimakasih yang sedalam-dalamnya atas kesediaan Prof. Mungin Edi Wibowo dan Dr. Mohamad Sopian berkenan untuk berbagi kepada mahasiswa kami dalam rangka penguatan dan memberikan wawasan maupun hal-hal yang berkaitan dengan Bimbingan dan Konseling,” ungkap Azizah. (Ageng Widodo)

Leave a comment