Prodi PMI UIN SAIZU Gelar Workshop Peningkatan Kompetensi Pemberdayaan Masyarakat

Purwokerto- Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto menggelar workshop penguatan kompetensi mahasiswa prodi PMI “Menjadi Pemberdaya Masyarakat yang Ideal.” Workshop diikuti oleh mahasiswa Prodi PMI semester 5 dan 7 di GSC UIN SAIZU (16/11/2021).

Menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya yaitu Dr. Barid Hardiyanto, M.Si (Manajer Program Lembaga Penelitian Pengembangan Sumberdaya dan Lingkungan Hidup) dan Oktivia (Koordinator PKH Kabupaten Banyumas) dengan moderator Ageng Widodo, M.A. (Dosen PMI UIN SAIZU). Kedua narasumber menyampaikan tentang bagaimana menjadi pemberdaya masyarakat yang ideal.

Dalam sambutannya Ketua Jurusan Pengembangan Masyarakat, Agus Sriyanto, M.Si menyampaikan tentang pentingnya menjadi seorang pemberdaya masyarakat kompeten.

“Tugas utama seorang pemberdaya masyarakat yaitu menjadikan masyarakat mandiri dengan memiliki kemampuan untuk memilih, mempersiapkan, memutuskan dan melaksanakan sesuatu yang dianggapnya diperlukan dalam kehidupan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penting bagi mahasiswa dan lulusan Prodi PMI untuk menjadi seorang pemberdaya yang kompeten,” jelas Agus.

Sementara itu, Dr. Barid Hardiyanto, M.Si salah satu narasumber menyampaikan tentang pentingnya keterampilan pemberdaya masyarakat.

“Keterampilan pemberdayaan masyarakat yang harus dikuasai oleh mahasiswa PMI yaitu mendampingi, memfasilitasi, memahami teknologi, memiliki manajemen organisasi yang baik serta membangun jaringan,” jelasnya.Sebagai mahasiswa PMI harus terjun ke masyarakat untuk belajar menumbuhkan kesadaran, kemauan, mengenali, mengatasi, memelihara, melindungi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya. (Ageng Widodo)

Leave a comment