Bersama MCM HMJ BKI Gelar Workshop Psikoterapi

Purwokerto– Dalam melaksanakan program kerjanya, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bimbingan Konseling Islam (BKI) gelar Workshop Psikoterapi yang bekerjasama dengan Medical Consultan Management (MCM) di Auditorium Utama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwoketo, Sabtu (17/11).

Workshop Hipnoterapi

Acara yang dimulai pukul 09.30 WIB ini, dikuti oleh kurang lebih 80 peserta dengan menghadirkan pemateri Seorang Profesional Hipnoterapis, Restu Kurniawan. Sejumlah materi yang disampaikan diantarannya terkait dengan Soul, Mind, & Body Connection, dimana didalamnya dibahas mengenai sikap yang menyembuhkan, humand mind, state of mind, stress, phobia, cemas berlebihan, gangguan emosional, dan psikosomatis. Namun, tak hanya bersoal seputar materi saja, di dalamnya diselingi juga dengan praktek langsung.

“Harapan dengan diadakannya workshop ini dapat membuat mahasiswa BKI menguasai materi-materi psikoterapi diperkuliahan, sehinga kedepannya ada mahasiswa yang mampu membuka lembaga-lembaga mengenai psikoterapi, karena melihat saat ini banyak masyarakat yang membutuhkannya, akan tetapi mereka belum mempunyai keinginan atau minat di dalamnya,” ungkap Ketua Panitia, Muhammad Sani Roehan.

Salah satu pesesrta bernama Zuhroh Mulqiyatul Haq mahasiswa BKI semester 3 merasa tertarik untuk mengikuti workshop psikoterapi. “Saya tertarik dengan tema psikoterapi, dan ingin lebih mendalami, karena di semester 3 ini saya belum mendapatkan mata kuliah psikoterapi,” ujarnya.

Adapun tanggapan lain muncul dari peserta workshop bernama Rina Juliyanti, menyatakan bahwa psikoterapi merupakan ilmu yang dipelajari oleh prodi BKI, dan hal itu merupakan bentuk kepedulian kepada Fakultas Dakwah, tertutama Jurusan BKI karena dapat membantu mereka menjadi calon konselor yang sangat membutuhkan ilmu tersebut, untuk mengatasi berbagai masalah klien yang nantinya akan mereka hadapi.

Leave a Reply