Bersama Perjuangkan Komunitas Menjadi UKM Fakultas

Terhitung sejak tahun 2015 IAIN Purwokerto telah beralih status dari STAIN menjadi IAIN. Fakultas Dakwah juga telah mantap berdiri beralih dari Jurusan Dakwah dan Komunikasi. Namun peralihan tersebut belum juga berdampak pada status komunitas yang ada di Laboratorium Dakwah yang mestinya bisa naik menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fakultas. Padahal dalam dua tahun terakhir, komunitas yang semula hanya ada 5 telah berkembang menjadi 9 komunitas di bawah naungan Lab Dakwah. Penambahan tersebut adalah bentuk  jawaban atas kebutuhan dari adanya prodi baru di Fakultas Dakwah sejak beralih menjadi IAIN.

Upgrading dipimpin oleh Kalab Fakultas Dakwah

Sebagaimana disampaikan dalam Upgrading Sekaligus Pelatihan Administrasi Lembaga Kemahasiswaan dan Komunitas Fakultas Dakwah pada Rabu (9/5/2018) oleh Ketua Lab Dakwah Alief Budiyono, bahwasanya tahun ini Fakultas Dakwah menargetkan supaya Komunitas di Dakwah bisa menjadi UKM F terutama bagi Komunitas yang telah cukup lama berdiiri seperti Komunitas Jurnalistik, Fotografi, Radio, Dai dan Mitra Remaja. 

Dalam pelatihan bertema “mengembangkan kemampuan administrasi mahasiswa menuju organisasi yang tertib dan bersih” tersebut hampir semua perwakilan komunitas dan Lembaga kemahasiswaan di Fakultas Dakwah hadir, seperti SEMA (Senat Mahasiswa), DEMA (Dewan Mahasiswa) HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) dan HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi).

Dr. M. Najib M.Hum, selaku Wakil Dekan III Fakultas Dakwah juga menyampaikan bahwa dirinya sedang memproses perubahan tersebut, salah satunya menyusun anggaran komunitas atas nama UKM Fakultas. “ Pikir saya sudah fakultas, kalo sudah fakultas berarti harusnya udah jadi UKM, kalo jurusanlah baru masih pake komunitas.” Ungkapnya.

Beliau juga menjelaskan bahwa dengan menjadi UKM F, tidak hanya jangkauannya yang menjadi lebih luas, setiap kegiatan dan pengembangannya juga akan mengacu pada konteks pengetahuan mahasiswa. Selain itu juga ada kesetaraan dengan UKM Institut,  dimana dana kegiatan juga lebih besar. Beliau berharap dengan menjadi UKM F kegiatan menjadi lebih berkembang dengan semakin banyak aktivitas yang dapat menambah pengalaman dan skill mahasiswa Fakultas Dakwah.

Dalam pertemuan tersebut Wakil Dekan III secara langsung juga meminta kepada SEMA Fakultas Dakwah untuk dapat bekerja sama dengan segera menerbitkan undang-undang yang mengatur mengenai perubahan komunitas menjadi UKM Fakultas, sehingga target komunitas untuk menjadi UKM F dapat segera tercapai bersama.  (Nani)

Leave a Reply