Dakwah Digital Era Millenial

Di era millenial saat ini, banyak sekali kreasi konten-konten menarik yang dibuat oleh generasi muda, ide kreatif tersebut dapat kita nikmati dalam konten youtube. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto menyelenggarakan pelatihan youtuber dengan tema “ Dakwah Digital di Era Milenial” pada Jumat 20 September 2019 di Laboratorium Bahasa IAIN Purwokerto. Pelatihan youtuber ini diikuti oleh 35 Mahasiswa Program Studi KPI dengan menghadirkan narasumber youtuber muda asal Purwokerto Muhammbad Bintang Ariviano. 

Dalam sambutannya, Prof. Dr. H. Abdul Basit, M.Ag (Dekan Fakultas Dakwah) menyampaikan beberapa hal di antaranya, pertama peserta yang mengikuti pelatihan youtuber ini diharapkan membuat komunitas youtuber di lingkungan kampus untuk mengunggah kegiatan-kegiatan dakwah, baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa IAIN Purwokerto. Kedua, peserta diharapkan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat luas dengan mengunggah video-video yang memiliki nuansa edukasi dan dakwah. Ketiga, peserta diharapkan menciptakan ide-ide kratifnya dengan membuat konten video yang menarik. 

Dalam pemaparannya, Muhammad Bintang Ariviano menyampaikan terkait pengelolaan youtube serta etika dalam mengelola youtube. “Beberapa youtuber hanya mencari keuntungan dan penghasilan tanpa mempertimbangkan etika yang seharusnya tetap dijaga, misalnya dengan mengunggah video-video pembunuhan serta penganiayaan yang sama sekali tidak mendidik” (tuturnya). 

Untuk menjadi youtuber harus mempunyai banyak ide kreatif maupun karya-karya yang dapat menarik perhatian orang lain. Sehingga mendapatkan banyak viewers dan subscriber. Selain itu beberapa hal yang berpengaruh pada penghasilan seorang youtuber yaitu semakin banyaknya subscriber yang terdaftar di channel youtube maka akan semakin besar pula peluang seorang youtubers mendapatkan viewer. Semakin banyaknya viewer yang menonton semakin banyak pula penghasilan yang didapatkan.  

Digelarnya pelatihan youtuber ini mendapatkan respon positif dari para peserta, Faiq Haidar salah satu peserta yang menilai banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dalam pelatihan. “saya seorang youtuber, selain menambah wawasan bagi saya setelah mengikuti pelatihan ini saya jadi mengerti strategi-startegi dalam pengelolaan youtube”, terang Faiq.

Leave a Reply