Delegasi Fakultas Dakwah Hadiri Rakernas 2 RJI

Bandung – Sebagai upaya meningkatkan sistem jurnal ilmiah berbasis online yang berkualitas, Fakultas Dakwah mengirim dua perwakilan untuk menghadiri Rakernas 2 Relawan Jurnal Indonesia (RJI) di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 24-25 Agustus 2018. Hadir sebagai utusan Warto, M,Kom dan Dedy Riyadin, M.I.Kom.  

Dedi dan Warto (2 orang dari kiri) menjadi Relawan Jurnal Indonesia

Hari pertama kegiatan (24/08) diisi dengan seminar bertema-kan “Membangun Budaya Riset Bangsa Melalui Penerbitan Jurnal Nasional dan Internasional Bereputasi”. Turut hadir sebagai pembicara antara lain Dr. Sadjuga, M.Sc (Kemenristekdikti) Prof Dr. Ir. Komang G Wiryawan (Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia), Dr. Dasapta Erwin Wirawan  (ITB),  M. Tanzil Multazam (Crossref Ambassador), Hilman Fathoni, S.H  (Creative Common Indonesia), dan Dwi Fajar Saputra (Manager Helpdesk IOS).

Dihadiri oleh 250 peserta dari seluruh Indonesia seminar nasional ini berjalan dengan sukses. Para peserta sangat antusias menyimak paparan demi paparan yang disampaikan oleh penyaji.

“Kegiatan semacam ini sangat bermanfaat bagi kami, memberikan wawasan baru dalam mengelola jurnal ilmiah yang berkualitas,” ujar Warto selaku delegasi dari Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto.

Pada malam harinya, acara dilanjutkan dengan Rakernas yang  digelar di Grand Cordela Hotel Bandung. Rakernas dihadiri oleh perwakilan Koordinator Daerah (Korda) masing – masing provinsi. Pengembangan jurnal ilmiah menjadi isu utama dalam rakernas ini. Masing-masing peserta memberikan saran dan masukan guna memeperluas jaringan RJI di daerah.

Hari kedua (25/08) diisi dengan Workshop Tata Kelola Jurnal yang diikuti oleh seluruh peserta dengan pembagian kelas sesuai kebutuhan pengelola jurnal. Kelas ini terdiri atas Kelas Beginner yang ditujukan untuk pemula, kelas Intermediate, kelas Advanced, dan Kelas Crossref. Setiap kelas diisi oleh tutor RJI yang sudah berpengalaman dalam mengelola jurnal. (drs)

Leave a Reply