Dema Fakultas Dakwah Laksanakan PKM DIKPOL

Mahasiswa merupakan status sosial yang berharga. Menjadi mahasiswa banyak yang menyebutnya agent of change atau kaum intelektual. Kecerdasan berfikir dan kemampuan mencium kepekaan sosial dan politik menjadi sesuatu yang harus melekat pada mahasiswa. Mahasiswa dikaitkan dengan perubahan, mengubah tatanan, sistem, serta keadaan sosial masyarakat.

Dalam rangka membekali kapasitas mahasiswa, di kampus mahasiswa dilatih untuk berorganisasi dan melatih jiwa kepemimpinannya dalam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan melalui lembaga-lembaga di kampus. Wadah pembelajaran tidak selamanya di ruang kelas, tetapi juga bisa dilakukan melalui organisasi kampus yang notabene cukup berperan signifikan dalam membentuk manusia masa depan. Manusia masa depan yang mempunyai konsep diri yang jelas dan juga daya adaptabilitas terhadap perubahan, termasuk menciptakan perubahan-perubahan penting dalam dinamika perubahan yang berjalan cepat. Mahasiswa sebagai agent of change sudah seharusnya ada di garda terdepan untuk membawa angin segar bagi perbaikan bangsa.

Peserta PKM DIKPOL

Atas dasar pemikiran tersebut maka Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto mengadakan kegiatan PKM & DIKPOL pada hari Sabtu-Minggu pada tanggal 23 dan 24 Februari 2018 dengan tema “Membentuk Kepemimpinan yang Memiliki Daya Saing Sebagai Agent Of Change”, diharapkan akan mampu mencetak para pemimpin-pemimpin masa depan yang mampu berkarya dan berfikir kritis juga membangun bagi kampus, lingkungan dan juga negara Indonesia.

Kegiatan tersebut terdiri dari delapan materi diantaranya materi Analisis Diri, Teori Dasar Politik, Public Speaking dan Retorika, Leadership, Teknik Lobbying dan Negosiasi, Manajemen Administrasi dan Organisasi, Konsolidasi dan Fundrising, dan Manajemen Komunikasi. Kedelapan materi tersebut dirasa sudah sangat cukup untuk bekal peserta dalam menjalani karirnya di dalam kampus, entah sebagai ketua Lembaga Kemahasiswaan, ataupun pengurusnya kelak. Adapun narasumber dari kegiatan ini terdiri dari berbagai elemen yang dinilai mumpuni dalam bidangnya, terdiri dari Dosen IAIN Purwokerto, Aktivis, Dan Sastrawan.

Teori Politik Dasar Oleh Ahmad Muttaqin

Untuk materi Analisis Diri di isi oleh Muhammad Agus, dia adalah seorang aktivis dan demisioner pengurus DEMA IAIN Purwokerto dan sekaligus fasilitator pada kegiatan ini. Selanjutnya materi Teori Dasar Politik diisi oleh bapak Ahmad Mutaqin, beliau adalah dosen IAIN Purwokerto, untuk materi Public Speaking dan Retorika diisi oleh Wahyu Budiantoro, neliau adalah sastrawan muda yang berasal dari IAIN Purwokerto, materi Leadership diisi oleh Ahmad Nurholis, beliau adalah aktivis di berbagai macam organisasi sekaligus editor dari modul PKM Dikpol, materi Teknik Lobbying dan Negosiasi diisi oleh Helmi Muhammad, beliau adalah aktivis dan marketing di Radar Banyumas. Selanjutnya Manajemen Administrasi dan Organisasi diisi oleh Agus Hafidzin, beliau adalah aktivis, materi selanjutnya adalah Konsolidasi dan Fundrising diisi oleh bapak Turhamun, beliau adalah dosen di Fakultas dakwah dan beliau seorang aktivis juga. Yang terakhir adalah Manajemen Komunikasi yang diisi oleh bapak Oki Edi P beliau adalah dosen fakultas Dakwah IAIN Purwoerto.

Peserta PKM Dikpol

Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 16 yang terdiri dari 14 mahasiswa Fakultas Dakwah baik dari Jurusan KPI, BKI, MD maupun PMI, 1 peserta dari Fakultas Ushuludin Adab dan Humaniora, dan 1 Peserta dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Dalam kegiatan ini DEMA Fakultas Dakwah memang tidak menargetkan peserta yang banyak dikarenakan kegiatan ini memang difokuskan untuk teman-teman mahasiswa yang nantinya berkeinginan untuk menjadi ketua-ketua di lembaga kemahasiswaan di masing-masing fakultas khususnya fakultas dakwah. PKM Dikpol merupakan kegiatan yang bisa dikatakan harus ada di setiap kampus dan juga fakultas. Karena ini merupakan salah satu kegiatan yang mana menjadi syarat ketika teman-teman mahasiswa yang berminat mengisi di kursi-kursi lembaga kemahasiswaan khususnya di eksekutif (HMPS/HMJ/DEMA F/dan DEMA I). Di IAIN Purwokerto PKM Dikpol mempunyai tingkatan, untuk ditingkat fakultas sering disebut PKM DIPOL 1 (tingkat 1) dan di tingkat Institut PKM DIKPOL 2 (tingkat 2).

Leave a Reply