Dr. Sulkhan Chakim, MM menjadi Narasumber Studium generale di IAIN Syekh Nurjati Cirebon

ASEAN merupakan gerbang untuk menuju ekonomi global, dimana industri dan kegiatan usaha di wilayah ASEAN merupakan kunci dan pemain utama dalam rantai pasokan dan jaringan produksi, baik secara regional maupun secara global. Dalam waktu dekat, kita akan menyongsong pembentukan ASEAN Economic Community ( AEC ) pada tahun 2015. Sebuah komunitas yang tidak hanya menekankan pembentukan pasar tunggal dari segi ekonomi semata, tetapi juga memperhatikan penyatuan aspek sosial budaya. Untuk itu, adalah penting mengembangkan human development, penyusunan strategi untuk pembangunan berkelanjutan, program pengentasan kemiskinan, kerjasama pendidikan, serta pemberdayaan wanita anak dalam kerangka memperkecil jurang pembangunan yang masih cukup besar di antara negara-negara anggota ASEAN. Melalui Komunitas ASEAN, para pengusaha domestik dapat memiliki kapabilitas untuk Go International.

img-20160420-wa0001

Langkah-langkah strategi yang dilakukan tentunya harus sesuai dengan apa yang direkomendasikan dalam pilar AEC Blueprint 2015 yang mengharuskan setiap negara ASEAN wajib merformasi semua unsur-unsur utama yang menjadi sektor esensial dan syarat mutlak dalam rangka menghadapi implementasi AEC 2015.Era Globalisasi ekonomi menuntut peningkatan kemampuan daya saing yang kuat dalam teknologi, manajemen, sumber daya manusia serta upaya terus menerus dalam mengembangkan inovasi dan meciptakan efisiensi cost sehingga mampu berkompetisi dalam persiapan dunia tanpa batas (bordeless)

img-20160420-wa0003

Oleh karena itu, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar acara Studium General dengan mengangkat tema “Tantangan Strategis Pengembangan SDM Pendidik Islam Di Era MEA” pada hari rabu, 20 April 2016. Prof. Dr. H. Jamali, M. Ag (Direktur Pascasarjana) sebagai ketua pelaksana kegiatan Studium General yang menghadirkan Narasumber Dr. Sulkhan Chakim, MM., yang merupakan Wakil Dekan II Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto. Tujuan Studium General kali ini adalah untuk memberikan pemahaman yang benar kepada mahasiswa tentang Era MEA serta dampaknya, dan memberi bekal pengetahuan dalam menghadapi dunia kompetisi, yang mengedepankan mutu dalam berbagai lini kehidupan.

Leave a Reply