Expo Komunitas Fakultas Dakwah

Eksistensi komunitas di Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto menjadi perhatian khusus dalam penyelenggaraan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) Fakultas Dakwah IAIN

Purwokerto, 22 September 2016. Untuk itu di akhir acara sekaligus prosesi penutupan OPAK Fakultas, seluruh komunitas yang berada di Fakultas Dakwah dan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora (FUAH) diberi ruang khusus dengan menggelar EXPO.

ekspo

Ada 13 komunitas yang ikut berpartisipasi dalam EXPO komunitas ini, ke-13 komunitas tersebut terdiri dari 8 komunitas dari Fakultas Dakwah serta 5 dari FUAH, diantaranya yaitu Komunitas Jurnalistik, Komunitas Mitra

Remaja, Komunitas Radio, Komunitas Fotografi, Komunitas Da’i, Komunitas Seni dan Dakwah, Komunitas Motivator, Sanggar Kepenulisan, Sanggar Madani Village, Sanggar Living Our’an, Sanggar Bahasa, dan Sanggar Seni dan Budaya.

Pagelaran EXPO Komunitas diisi dengan pameran dari masing-masing komunitas dengan mendirikan stand di tempat acara, yaitu di Auditorium Utama IAIN Purwokerto. Ditambah dengan beberapa penampilan yang mengisi panggung utama, yaitu pagelaran karawitan, hadroh dan pementasan drama.

EXPO Komunitas dimulai sejak pukul 13.00 sampai sore hari, dimulai dengan pemotongan dan makan bersama nasi tumpeng seluruh peserta. Kemudian setelah itu acara dilanjutkan dengan pameran masing- masing komunitas. Selama pameran peserta disuguhkan dengan iringan musik tradisional karawitan, hadroh, MSQ dan pementasan drama.

EXPO Komunitas merupakan satu rangkaian dengan OPAK Fakultas Dakwah dan FUAH, sehingga suasana masih terasa tradisionalis. Sesuai konsep acara yang dibuat, peserta diwajibkan menggunakan batik sebagai perlambang kearifan lokal Purwokerto yang berada di daerah geografis Jawa.

Selain itu, dengan mengangkat konsep kearifan lokal juga dimaksudkan untuk Fakultas Dakwah sendiri, dimana ada beberapa elemen kemahasiswaan yang bernaung di bawah Fakultas, seperti salah satu contohnya Komunitas ini, sehingga mengangkat eksistensi komunitas dirasa perlu sebagai awal pengenalan kepada mahasiswa baru. Khususnya dengan acara seperti EXPO Komunitas ini.

Leave a Reply