Fakultas Dakwah Gandeng Unit TIPD Sosialisasikan SISCA

Sebagai langkah efisiensi kerja terkait perkuliahan bagi Dosen Fakultas Dakwah, maka Sub Bagian Administrasi Menggandeng Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) kembali mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan satu hari mengenai Portal Akademis terpadu melalui Sistem Informasi Akademik (SISCA) IAIN Purwokerto pada Jumat 20 Januari 2017. Sosialisasi ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan tiap-tiap fakultas dalam membekali dosen dengan pengetahuan sistem akademik yang baru launching 2016 ini.

Pembelajaran SISCA

Suasana Peserta Sosialisasi

Acara tersebut dilaksanakan di Laboratorium Komputer IAIN Purwokerto dan dibuka langsung oleh Wakil Dekan I Fakultas Dakwah, Dr. Sulkhan Chakim, MM. Belasan dosen, beberapa staf hingga pejabat Fakultas Dakwah antusias mengikuti sosialisasi sekaligus pelatihan pengisian Portal Akademis tersebut. Hal ini ditandai dengan banyaknya pertanyaan dan masukan yang dilontarkan oleh para dosen, khususnya terkait tentang teknis pengisian dan input nilai ke dalam sistem portal akademis.

pengisian oleh yuusf

Penyampaian Materi oleh Narasumber

Hal ini menjadi masukan berarti untuk pihak TIPD yang hadir dan sekaligus menjadi mentor dalam sosialisasi tersebut yakni Yusuf Heriyanto, M.Kom. “Masukan bapak dan ibu semua akan kami tampung sebagai langkah pengembangan sistem ini selanjutnya. Untuk hal-hal yang lebih teknis menyangkut tentang peraturan akademis hendaknya dikordinasikan kembali dengan pejabat fakultas terkait. Kami sangat mengapresiasi antusiasme bapak ibu semua dalam acara sosialisasi kali ini” ungkap Yusuf dalam pemaparannya terkait tentang pertanyaan yang disampaikan oleh beberapa dosen.

Suasana Pembelajaran

Pengisian Online di SISCA

Seperti yang diketahui bahwa IAIN Purwokerto melalui  TIPD telah memperbaharui sistem yang ada di dalam portal akademis, dari sia.stainpurwokerto.ac.id ke sisca.iainpurwokerto.ac.id. Dalam portal akademis tersebut, dosen tidak hanya dimudahkan dengan banyaknya fasilitas penunjang namun juga adanya feature tambahan seperti penginputan nilai, jurnal kuliah dan absensi online yang memudahkan mereka dalam merekan aktivitas perkuliahan yang akan mereka jalani semester ini dan selanjutnya. Hal ini tentu saja memudahkan kinerja para dosen serta memudahkan para mahasiswa karena akan terciptanya transparansi nilai dalam civitas akademika.

Leave a Reply