Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto Selenggarakan Webinar Internasional

Purwokerto- Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto melaksanakan seminar internasional secara daring (webinar) yang bertemakan “Strategies For Collaboration Research.” Seminar internasional diikuti oleh 300 peserta yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia melalui aplikasi Zoom dan live streaming You Tube, dengan narasumber Azhar Ibrahim, Ph.D dari National University of Singapura dan Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D dari Universitas Pandjadjaran (06/08/2020).

“Webinar internasional ini, kami selenggarakan mengingatkan pentingnya sebuah riset kolaboratif. Dengan melakukan riset kolaboratif kita akan membangun kredibilitas pribadi sebagai akademisi dan peneliti, memperluas jaringan akademik, meraih kesuksesan akademik (Guru Besar), menjadi guru yang baik di kelas serta memperoleh kepuasan dan kebahagian dengan aktualisasi diri. Namun, kita juga harus mempersiapkan ketika akan melakukan riset kolaboratif yaitu dengan melatih diri dalam menulis, meningkatkan kompetensi keilmuan, kerjasama, empati dan hasrat untuk maju.” Jelas Prof. Dr. Abdul Basith, M.Ag Dekan Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto

“Penelitian menjadi keharusan dan merupakan bagian darai Tri Dharma Perguruan Tinggi. Seminar internasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto memberikan warna baru serta memotivasi saya sebagai dosen muda untuk melakukan riset kolaboratif. Pemaparan dari para narasumber yang detail dan komprehensif memotivasi saya untuk berkarier dikancah internasioanl melalui collaboration research.” Jelas Furqon Muhammad, M.A. Dosen Fakultas Ushuludin UIN Mataram.

Pada umumnya, institusi pendidikan yang maju memiliki kultur penelitian yang tinggi. Dalam hal ini penelitian kolaboratif sangatlah penting demi kemajuan institusi pendidikan, kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsan dan negara. Dari penelitian kita dapat mengembangkan ilmu dan teknologi serta berfikir lebih cerdas, kritis dan kreatif. (TIM Media-2020)

Leave a Reply