Fakultas Dakwah Membekali 215 Peserta PPL Gelombang 1 2018

Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto mengadakan acara pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa pada hari Jum’at, 12 Januari 2018. Acara pembekalan ini dihadiri Pimpinan Fakultas Dakwah dan Ketua Program Studi. Untuk tahun ini adalah tahun perdana bagi Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) untuk mengirimkan mahasiswanya melaksanakan PPL, selain Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan Manajemen Dakwah (MD).

Jumlah peserta PPL Tahun ini ada 215 mahasiswa dengan rincian 81 orang mahasiswa Prodi BKI, 64 mahasiswa Prodi KPI, 40 mahasiswa Prodi MD dan 30 mahasiswa Prodi PMI. Sebagian besar peserta PPL tahun ini adalah mahasiswa semester 7. Ini adalah langkah kongkret dari Fakultas Dakwah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mengeksplor dan mempertajam teori yang mereka dapat saat melaksanakan PPL, kata Zaenal Abidin, Dekan Fakultas Dakwah. Selain itu, Fakultas Dakwah mewujudkan rencana induk pengembangan fakultas dakwah dengan melakukan percepatan studi, salah satunya adalah dengan mempercepat pelaksanaan PPL yang seharusnya dilaksanakan bagi mahasiswa semester 7. Hal ini berdampak baik bagi kelangsungan dan perkembangan Prodi, Zaenal menambahkan saat memberikan sambutannya. Percepatan pelaksanaan PPL ini dianggap efektif dibuktikan dengan kelulusan mahasiswa BKI yang masuk menjadi kandidat mahasiswa dengan kelulusan tercepat, 7 Semester.

Sambutan Dekan

Materi pertama diberikan oleh Ketua Panitia, Nur Azizah, M.Si. Beliau menyampaikan teknis kegiatan dan peraturan selama PPL, baik di lokasi, ataupun pasca pelaksanaan PPL, terkait pembuatan laporan. Untuk tahun ini, mahasiswa diberi kebebasan memilih lokasi sesuai dengan keinginan mahasiswa selama sesuai dengan kompetensi keilmuan yang mereka dalami dan juga dengan arahan dari pihak panitia, Nur Azizah menyampaikan saat memberikan materi. Mahasiswa BKI diarahkan untuk melaksanakan PPL di Rumah Sakit dan Panti Rehabilitasi. Mahasiswa KPI diarahkan untuk melaksanakan PPL di media elektronik (radio dan Televisi) baik lokal dan Nasional, serta di media cetak. Mahasiswa MD diarahkan melaksanakan PPL di Biro Haji Umroh dan Kantor Kementerian Agama, sedangkan Mahasiswa PMI diarahkan melaksanakan PPL di Badan pemberdayaan masyarakat seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Dinas Sosial. Mahasiswa diharapkan memberikan citra positif saat berada di lokasi karena mereka adalah cover dan membawa nama baik IAIN Purwokerto . Sebagai bentuk laporan kegiatan, Nur Azizah menambahkan bahwa seluruh kegiatan harus didokumentasikan dan dikirimkan realtime selama pelaksanaan PPL.

Sambutan Panitia PPL

Materi terakhir berisi tentang gambaran kegiatan di lokasi masing-masing Prodi. Materi disampaikan oleh 4 orang narasumber yang berbeda yang pernah terjun langsung di lokasi PPL yaitu Dr. Muskinul Fuad, M.Ag yang memberikan gambaran lokasi PPL mahasiswa BKI, Dr. Mustain, M.Si. memberikan gambaran lokasi PPL mahasiswa Prodi KPI, Dr. H. Abdul Basit, M.Ag memberikan gambaran lokasi PPL mahasiswa Prodi MD, serta Imam Alfi, praktisi dari pemberdaya masyarakat di Kecamatan Kebasen yang juga Dosen Prodi PMI. Mereka berempat membeberkan keadaan umum lokasi PPL serta beberapa tips agar bisa melaksanakan kegiatan mereka nantinya.

Pemberian Materi Pembekalan

Rangkaian pembekalan terakhir peserta PPL menemui  Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) masing-masing untuk memberikan laporan observasi lapangan tempat praktik yang sudah mereka laksanakan, serta terkait koordinasi saat bimbingan dan monitoring mereka saat di Lokasi. Diharapkan kegiatan ini memberikan mereka bekal yang cukup untuk terjun langsung di lokasi PPL. Ujar Ketua Panitia PPL Fakultas Dakwah, Nur Azizah. -M-

Leave a Reply