Fakultas Dakwah Miliki News Anchor di BMS TV

Bagi yang suka nonton tayangan berita khususnya di Area Banyumas dan sekitarnya, pasti sudah tidak asing lagi sama Penyiar Berita BMS Tv Arum Irani. Saat ini Arum rutin membawakan program SEPUTAR MASBARLINGCAKEB yang tayang setiap hari jam 18.00 Sore. Selain itu, Arum juga sering tampil dalam acara talkshow di stasiun TV tersebut. Arum adalah salah satu mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto. Mahasiswa semester 8 program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) ini baru bekerja di BMS TV sejak awal tahun 2019.

Arum bekerja sebagai News Anchor yang membawakan berita di televisi. Pekerjaan ini adalah bagian dari profesi jurnalis, yang merupakan salah satu program unggulan dari Prodi KPI IAIN Purwokerto. Seorang News Anchor ibaratnya “paket lengkap”, Arum harus bisa membuat naskah, mengambil gambar, mengedit, membawakan program dialog, Presenting news, dan lain sebagainya seperti apa yang ditampilkan di Banyumas TV pada tanggal 18 Februari 2019. Ilmu yang dia dapat selama kuliah di IAIN Purwokerto dia praktekkan dalam dunia kerja yang digelutinya saat ini.

Dari SMP, saya sudah menyukai program berita dan ingin jadi pembawa berita. Orang tua mengetahui dan mendukung keinginan saya tersebut. Mereka bahkan memasukkan saya ke tempat kursus komunikasi dan juga mengikutsertakan saya di berbagai kompetisi. Saat lulus SMA, saya meneruskan ke IAIN Purwokerto mengambil jurusan Penyiaran Islam, Prodi Komunikasi dan penyiaran Islam, Tutur Arum.

Saat ditanya tentang modal menjadi News Anchor, Arum Mengungkapkan “Modal utamanya adalah memiliki niat dan passion, sehingga apapun bisa dilakukan. Selain itu, ada beberapa hal yang dimiliki yaitu :

  1. “Punya mental yang kuat, terutama di masa- masa awal. Misalnya menunggu saat pencarian berita dan wawancara.
  2. “Wawasan yang luas. Hal ini diperoleh dengan banyak membaca dan mengikuti berita. Hal itu juga merupakan salah satu tugas yang diberikan dosen KPI.
  3.  “Aware dengan keadaan sekeliling kita.”
  4. Skill public speaking atau lebih tepatnya menyampaikan berita (di depan kamera). Selain mendapatkan kuliah ini, Arum juga mendapatkan ilmu saat awal menjalani pekerjaan ini. Di awal pekerjaan, hal ini yang terus digembleng oleh tim BMS TV.
  5. Penampilan. Untuk menjadi News Anchor, look adalah salah satu hal penting. Disini arum berusaha tampil good looking tanpa meninggalkan hijabnya.

Dari kegiatan ini, Arum merasa berterima kasih kepada Prodi KPI Fakultas Dakwah karena memberikan bekal yang cukup di Dunia Jurnalis. Hal ini membuktikan bahwa kompetensi Mahasiswa Prodi KPI sesuai dengan Status Akreditasi Prodi KPI yang diperoleh tahun 2018, dimana KPI terakreditasi A dan menghasilkan mahasiswa unggul di dunia jurnalistik.

Leave a Reply