Fakultas Dakwah Uji Tahfidz siswa SMK Telkom

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Telkom Purwokerto tahun ini meluncurkan beasiswa Tahfidz bagi siswa-siswi kelas X dan XI. Kegiatan ini menjadi ajang evaluasi pembiasaan Alquran yang dicanangkan sebagai program khusus. Jadi, setelah siswa yang terbiasa mengikuti perlombaan tahfidz Alquran sebelum masuk sekolah ini akan dievaluasi sudah sejauh mana kemampuannya dalam menghafal Alquran lengkap dengan kesempurnaan makhraj dan ilmu tajwidnya. Untuk mensukseskan program ini, SMK Telkom menggandeng Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto untuk ikut menguji siswanya dalam program ini. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama Fakultas Dakwah dan SMK Telkom Purwokerto.

Tahfidz SMK Telkom

Denah ujian Tahfidz

“Dan pada hari ini, Rabu (9/12/2016) dilaksanakan Ujian Tahfidz yang dilaksanakan di Gedung B Lantai 3 SMK Telkom Purwokerto. Peserta yang diusulkan mengikuti program ini sebanyak 50 orang yang akan diuji dan disaring oleh penguji yang berasal dari IAIN Purwokerto, kata Arsam, MSI. yang merupakan Ketua Laboratorium sekaligus penguji dalam program ini. Penguji yang dipilih adalah dosen dari IAIN Purwokerto.

Ujian Tahfidz

Majlis 1 diuji oleh Munawir, Dr. Muskinul Fuad, dan Enung Asmaya

Dr. Musta’in M.Si. selaku Ketua menuturkan ini adalah awal yang baik dalam pemberdayaan siswa agar mencintai al-Quran. Dengan adanya program ini, diharapkan kecintaan siswa kepada Al-Qur’an makin tinggi dimulai sejak dini, Musta’in yang juga menjadi kaprodi Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Pascasarjana IAIN Purwokerto ini menambahkan. Penilaian ujian tahfidz ini terdiri dari beberapa unsur, antara lain : hafalan, Tajwid dan Makhraj. Peserta dibagi dalam 3 kelompok yang masing-masing diuji oleh 3 penguji dari dosen Fakultas Dakwah dan dosen lain di IAIN Purwokerto. Siswa diberi kebebasan untuk memilih hafalan suratnya antara juz 29 atau juz 30.

Majlis 2 diuji Hj. Durrotun Nafisah, Dr. Mustain dan Arsam

Majlis 2 diuji Hj. Durrotun Nafisah, Dr. Mustain dan Arsam

Para Peserta terlihat serius dan antusias dalam menunggu giliran ujian ini. Beberapa dari mereka terlihat tegang, dan mencoba menghafalkan dan melafalkan ayat-ayat suci al-Quran yang nantinya akan diujikan. Hasil ujian tahfidz ini nantinya akan menjadi evaluasi bagi SMK Telkom Purwokerto dalam memberikan beasiswa khusus program tahfidz. Harapannya, program ini akan berkelanjutan dan bisa membuat siswa siswi yang belajar di SMK Telkom tidak hanya melek teknologi, namun juga bisa menjadi siswa yang berhati Qurani nantinya.

Majlis 3 diuji oleh Dr. Sofwan Mabrur, Dr. Abdul Basit, dan Hj. Khusnul Khotimah

Majlis 3 diuji oleh Dr. Sofwan Mabrur, Dr. Abdul Basit, dan Hj. Khusnul Khotimah

Leave a Reply