Field Trip Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati ke IAIN Purwokerto

Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto kedatangan tamu sebanyak 40 mahasiswa dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam rangka Field Trip Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (UAD). Peserta tiba di IAIN Purwokerto pada Pkl. 07.00 WIB., yang kemudian diterima oleh perwakilan Prodi Bimbingan dan Konseling Islam dan perwakilan HMJ BKI di ruang Rapat Gedung Rektorat lantai empat pada Selasa, 6 Desember 2016. Kegiatan yang diberi nama Field Trip tersebut bersifat wajib bagi mahasiswa semester lima IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Acara diawali dengan pemberian materi terkait profil Prodi BKI, termasuk kurikulum dan lulusan yang disampaikan oleh Nur Azizah, M.Si. selaku Sekretaris Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Dakwah dilanjutkan perkenalan Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon oleh Jaja Suteja M.Pd.I. yang menjabat sebagai Ketua Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam.

Field Trip IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Field Trip IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Dalam sesi tersebut, Kang Jaja memaparkan tentang keadaan Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Syekh Nurjati yang masih terakreditasi C dan baru meluluskan satu angkatan. Materi utama disampaikan oleh Kholil Lur Rochman, MSI. yang memberikan materi tentang konseling Karir. Dalam sesi tersebut, Kholil juga menceritakan keberhasilan Prodi BKI yang mendapatkan akreditasi A. Antusiasme terlihat dari diajukannya beberapa pertanyaan oleh peserta dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Hal ini berkaitan dengan mata kuliah konseling karir dan cara mencapai akreditasi maksimal seperti BKI IAIN Purwokerto.

Bimbingan Karir

Materi Konseling karir oleh Kholil Lur Rochman

Kang Jaja selaku ketua koordinator acara Field Trip tersebut menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan inovasi dari kegiatan yang pernah diadakan sebelumnya. Hal ini didasari pada esensi dari kegiatan tersebut yang merupakan salah satu sarana bertukar ilmu bagi mahasiswa IAIN Syekh Nurjati. Sekretaris Jurusan yang juga Ketua Jurusan BKI menyatakan bahwa keputusan untuk kembali mengadakan kunjungan ke IAIN Purwokerto karena ingin melakukan sharing terkait Jurusan BKI IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang baru berdiri, sedangkan Prodi BKI IAIN Purwokerto sudah lama. Kami mencari tahu tentang BKI dan tertarik dengan program-programnya karena program kami sedikit berbeda, terutama pada mata kuliah hipnoterapi dan psikoterapi Islam,” jelasnya.

Praktik Hipnoterapi

Praktik Hipnoterapi

Pada sesi terakhir, Kang Jaja mengapresiasi pencapaian BKI IAIN Purwokerto yang memperoleh akreditasi A. Beberapa hal beliau tanyakan kepada Kholil yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Penjaminan Mutu yang berkecimpung dengan akreditasi prodi. Beberapa trik dan kunci keberhasilan akreditasi dipaparkan oleh Kholil.

Peserta Fieldtrip

Peserta Field trip

Ia berharap hasil sharing dapat membawa ke arah yang lebih baik bagi kedua belah pihak. “Semoga agenda ke depannya, IAIN Syekh Nurjati dan IAIN Purwokerto bisa berkolaborasi dalam mata kuliah, juga adanya pertukaran pelajar” tambahnya. Hal ini didukung oleh Putri, sebagai salah satu peserta Field Trip yang penasaran dengan praktik hipnoterapi yang secara langsung di praktekkan oleh mahasiswa Prodi BKI IAIN Purwokerto.

Leave a Reply