Gebrakan Baru, HMJ BKI Gelar Donor Darah

Tak seperti hari-hari biasanya, aktivitas berbeda nampak mewarnai Laboratorium Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto pada Selasa, 25 September. Puluhan mahasiswa antre untuk dicek kesehantannya oleh petugas dari PMI sebelum melakukan donor darah.

Kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari rangkaian kerja divisi Sosial Karir, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) unit Sokaraja.

Vera Restu Lestari, Koordinator kegiatan donor darah mengatakan  jika kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya atau bentuk bakti sosial mahasiswa yang merupakan bagian dari salah satu program Divisi Sosial Karir HMJ BKI.

Sementara itu, Kepala Laboratorium Fakultas Dakwah, Alif Budiyono juga menyambut baik kegiatan tersebut. Ditemui diruangannya beliau menyampaiakan bahwa donor darah merupakan kegiatan yang tidak hanya baik bagi kesehatan namun juga upaya menumbuhkan rasa empati kepada sesama.

“kegiatan ini sangat baik, dari segi aspek psikologinya,  kita bisa memunculkan rasa empati kepada orang lain. Diluar itu mahasiswa Dakwah juga memang harus punya terobosan baru, terutama BKI. Sehingga tidak monoton, kegiatan mahasiswa tidak melulu harus seminar dan bazar.” Ungkapnya. Dalam kegiatan donor darah tersebut setidaknya ada 49 dari 74 pendaftar yang berhasil  mendonorkan darahnya. Jumlah tersebut menurut penyelenggara cukup banyak dengan perkiraan semula hanya 60 pendaftar saja mengingat kegiatan serupa sudah sangat lama tak terselenggara di lingkungan Fakultas Dakwah.  (NFN)

Leave a Reply