Kerjasama Lapas dan Fakultas Dakwah melalui Pembinaan Agama Islam

Purwokerto – Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Purwokerto menggelar kegiatan keagamaan selama Tahun 2019. Kegiatan-kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberi bekal rohani kepada warga binaan LAPAS agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Salah satu kegiatan Lapas yang dilaksanakan bernama Pembinaan Agama Islam Lapas Purwokerto. Kepala Lapas Kelas II Purwokerto melalui Kepala Bidang Pembinaan Lapas Kelas II Purwokerto, Marmin mengatakan kegiatan Pembinaan Agama Islam adalah kegiatan rutin yang dilakukan Lapas yang menggandeng Kemenag Banyumas, IAIN Purwokerto serta tokoh agama.

Dalam setiap kegiatan, katanya, warga binaan yang beragama Islam diwajibkan untuk ikut.  “Setiap warga binaan saat ikut kegiatan wajib absen. Karena itu nanti berkaitan dengan remisi, pembebasan bersyarat, dan cuti bersyarat,” kata Marmin 12 Februari 2019. Kegiatan yang dilaksanakan berupa Pembinaan Agama Islam atau pengajian yang diperuntukkan bagi warga binaan. “Pembinaan Agama Islam adalah salah satu kerjasama kami (Lapas) dengan Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto untuk memberikan bimbingan rohani warga Binaan,” tandas Marmin. Kegiatan yang dilaksanakan tiap Selasa Minggu Kedua tiap bulannya selama tahun 2019 ini memberikan manfaat yang cukup baik bagi perubahan perilaku keseharian warga binaan.

Narasumber Pembinaan Agama Islam, Dr. Nurkholis, MSI

Salah satu pemateri dari Fakultas Dakwah yang datang saat itu adalah Dr. Nurkholis, MSI. Nurkholis adalah salah satu Dosen di IAIN Purwokerto yang menjabat sebagai Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Fakultas Dakwah. Beliau memaparkan materi terkait iman dan takwa. “Besar harapan kami iman dan takwa warga binaan terpupuk. Agak mereka sadar, apa yang sebelumnya pernah dilakukan merupakan hal yang tidak baik. Mereka mau menyadari kesalahan mereka, dan tidak mengulanginya lagi. Setelah terbebas dari penjara mereka bisa menjadi orang berguna bagi masyarakat dan keluarganya,” katanya.

Kegiatan ini merupakan salah satu tugas perguruan tinggi dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi terutama di bidang pengabdian masyarakat. Diharapkan dosen makin aktif berkecimpung dalam kegiatan pengabdian masyarakat melalui kerjasama dengan lapas.

Leave a Reply