Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) menghasilkan lulusan yang profesional dalam bidang Komunikasi dan Pe­nyiaran Islam.

 

Visi

“Pada Tahun 2020, Unggul  dalam Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Penyiaran Islam menuju Masyarakat yang Berkeadaban.”

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pengkajian dan pengembangan Komunikasi dan Penyiaran Islam melalui pendidikan dan pengajaran secara inklusif dan intergratif;
  2. Melakukan dan mengembangkan penelitian Komunikasi dan Penyiaran Islam dalam ranah akademik dan sosial kemasyarakatan;
  3. Mencetak social entrepreneur dalam membangun masyarakat;
  4. Memperluas kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam.

 

Tujuan

  • Mencetak tenaga ahli di bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam;
  • Menghasilkan lulusan yang profesional di bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam;
  • Mewujudkan masyarakat yang religius, kritis, dan memiliki komitmen terhadap nilai-nilai keadilan dan kemanusiaan;
  • Menghasilkan sarjana muslim profesional yang memiliki komitmen terhadap pengembangan Komunikasi dan Penyiaran Islam yang memiliki kemampuan akademik;
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan Komunikasi dan Penyiaran Islam untuk meningkatkan harkat kehidupan masyarakat yang berbudaya.

 

Profesi

  • Profesi utama:
  1. Penyuluh agama Islam,
  2. Jurnalis,
  3. Penyiar Radio/Televisi.

 

  • Profesi alternatif
  1. Entrepreuner di bidang komunikasi dan penyiaran,
  2. Officer Public Relation
  3. Manajer Produksi Film
  4. Ma­najemen di bidang penerbitan dan penyiaran,
  5. Editor media massa cetak, elektronik dan media online,
  6. Designer grafis, cover dan ilus­trator,
  7. Designer Multimedia
  8. Fotografer,
  9. Pe­neliti di bidang dakwah dan

 

Kompetensi Lulusan

  • Kompetensi utama:
  1. Menguasai landasan dasar dan filosofis dakwah.
  2. Menguasai materi-materi pokok keislaman dan kema­syarakatan.
  3. Menguasai metodologi dak­wah.
  4. Menguasai jurnalistik, pe­ner­bitan, dan percetakan.
  5. Menguasai metode dan tek­nik penyiaran.
  6. Menguasai bentuk-bentuk penyiaran.
  7. Menguasai karakteristik ma­syarakat.
  • Kompetensi pen­dukung :
  1. Menguasai pengetahuan fotografi.
  2. Menguasai Desain Grafis dan Multimedia
  3. Memiliki pemahaman ten­tang organisasi dakwah.
  4. Memiliki sikap enterpreneur­ship.
  5. Memiliki kemampuan per­suasif dalam mendorong kesadaran masyarakat.

 

Gelar Kesarjanaan

Gelar yang diberikan kepada lulusan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)  adalah S.Kom.I. (Sarjana Komunikasi Islam).