Komunitas Da’i Gelar Pelatihan Public Speaking

Purwokerto-Komunitas Da’i Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto Menggelar Pelatihan Public Speaking bagi Mahasiswa. Kegiatan yang bertempat di Laboratorium Fakultas Dakwah Lantai 2 ini diikuti oleh 50 mahasiswa yang mayoritas mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah  (MD) Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto. Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Rabu 10 Agustus 2016 dengan mengangkat tema “Sinergitas Dakwah, Bersama Membangun Ummat”

1

Acara yang diisi oleh Sya’ban Maghfur, M.Pd dan Oki Edi Purwoko, M.Si. yang merupakan Dosen Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto ini memberikan gambaran kepada mahasiswa Fakultas Dakwah khususnya mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah untuk mengembangkan kemampuan komunikasi  melalui pelatihan ini. Public Speaking memegang peran penting dalam perkembangan komunikasi mahasiswa. Apalagi mahasiswa Fakultas Dakwah yang dituntut untuk memiliki keahlian dalam public Speaking. Mahasiswa yang tergabung dalam komunitas ini diharapkan dapat memetik pelajaran sehingga dapat mengupgrade keahlian mereka dalam berdakwah dan menjadi Da’i yang smart dan bisa membawa audiens dalam dakwahnya.

2

Sya’ban memberikan materi pertama akan pentingya public speaking dalam dunia kerja. Dalam paparannya, Sya’ban menggambarkan bahwa mahasiswa harus memiliki kemampuan lebih dan bisa menjadi mahasiswa yang out of the box, keluar dari kebiasaan mahasiswa yang bercuap-cuap tanpa adanya esensi. Pemikiran out of the box ini harus bisa dimiliki mahasiswa agar mahasiswa Fakultas Dakwah punya ciri khas yang nantinya menjadi identitas fakultas dakwah itu sendiri.

3

Materi kedua disampaikan oleh Oki. Dalam paparannya, Oki memberikan gambaran pentingnya kehadiran mahasiswa dalam kegiatan mahasiswa. Kehadiran mahasiswa dalam berbagai ajang dan kegiatan bisa menambah pengalaman dan bertambah pula kualitas mahasiswa. Dalam sesi ini Oki memberikan perbedaan bagaimana perbedaan antara mahasiswa yang pasif dan aktif.

Aldi Abdul Ghaffar, selaku Ketua panitia kegiatan ini menjelaskan bahwa kegiatan ini diadakan selama satu hari. “Selain materi dari narasumber, mahasiswa juga akan diberikan praktik bagaimana public speaking yang baik”, terang Aldi. Kegiatan ini diharapkan memberikan pelatihan yang tepat untuk bisa berbicara langsung dan memberikan pengalaman agar mahasiswa Fakultas Dakwah bisa menjadi da’i yang professional dan bermanfaat dalam penyampaian dakwahnya

Leave a Reply