Komunitas Mitra Remaja Ngaji Grafologi

Sebagai mahasiswa Bimbingan dan Konseling memiliki keterampilan konseling merupakan hal yang sangat penting. Salah satu keterampilan tersebut adalah dapat mengetahui karakter pribadi maupun klien yang sedang dihadapi melalui tulisan dan tanda tangan. Hal ini menjadi penting karena seorang konselor harus mendapat data sebanyak mungkin dari klien dalam rangka menyelesaikan masalah yang dialami klien tersebut. Proses mendapatkan data dari klien dalam proses interview akan efektif mana kala seorang konselor memiliki keterampilan dalam membaca karakter klien yang dihadapinya. Karena klien yang akan dihadapi konselor pastilah beragam dari yang ekstrovert maupun introvert. Jika seorang konselor sudah memiliki keterampilan ini maka proses konseling akan lancar dan mendapat hasil yang diinginkan.

Demikian halnya teknik membaca karakter atau kepribadian seseorang melalui tulisan dan tanda tangan dapat menjadi tolak ukur untuk konselor guna meningkatkan motivasi yang ada pada diri konselor, mendapatkan ide yang  tentang karakter dan kemampuan diri konselor, dan juga untuk mendapatkan pengertian yang lebih mendalam dari teman dan juga keluarga sehingga konselor mengetahui betul bagaimana sikap atau tindakan yang harus dikembangkan pada fase selanjutnya demi menciptakan kepribadian-kepribadian yang berkualitas.

1

Berdasarkan hal tersebut di atas maka Zulfa, Ketua Komunitas Mitra Remaja yang memandang perlunya diadakan Workshop Grafologi “Memotivasi Diri Melalui Tulisan Tangan” sebagai salah satu referensi soft skill grafologi atau membaca kepribadian seseorang melalui tulisan tangan. Peserta workshop ini adalah mahasiswa BKI sejumlah 50 orang.

Workshop ini dilaksanakan di Laboratorium Fakultas Dakwah Lantai 2 pada Senin, 23 Mei 2016 dengan narasumber bapak Ugung Dwi ArioWibowo, S. Psi, M.Si. Workshop ini bertujuan untuk menambah keterampilan mahasiswa bimbingan dan konseling islam melalui pelatihan grafologi guna mendapatkan ide yang keren tentang karakter dan kemampuan diri konselor, dan juga untuk mendapatkan pengertian yang lebih mendalam dari teman dan juga keluarga, tutur Arum Nurcahya selaku ketua Panitia.

2

Grafologi (analisis tulisan tangan) merupakan tools yang sangat berharga untuk mengungkap kepribadian seseorang. Grafologi dapat memberikan gambaran terkait:

  1. Karakter, potensi, kelebihan dan kekurangan seseorang
  2. Bagaimana seseorang berpikir, membuat keputusan, merencanakan dan menyelenggarakan suatu kegiatan.
  3. Seberapa tekun seseorang dan jenis pekerjaan yang terbaik baginya.
  4. Keterampilan sosial dan menggali ketakutan, pertahanan diri, dan beberapa masalah lainnya.

3

Grafologi akan memberikan banyak sekali informasi tambahan yang tidak dapat diperoleh dengan alat screening lainnya.

Leave a Reply