Kunjungan Mahasiswa MD ke Bazma Cilacap

Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto melakukan kunjungan Ilmiah ke BAZMA (Baituzzakah Pertamina) Cilacap. Baituzzakah yang beralamat di Komp. Masjid Baiturrahmah Komperta Donan itu menjadi destinasi Kunjungan Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah IAIN Purwokerto. Kunjungan yang dikawal oleh Dr. HM. Najib, M.Hum., Dr. Nawawi, M.Hum., Alief Budiyono, M.Pd dan Nur Azizah, M.Si diterima langsung Ketua Umum Bazma Cilacap Eko Harnanto di Gedung BAZMA, Jl. MT Haryono Cilacap.

Kunjungan Mahasiswa MD ke Bazma Cilacap

Kunjungan Ilmiah Mahasiswa MD ke Bazma Cilacap

Kegiatan yang digagas Oleh Ulum Maulani selaku ketua panitia kunjungan dilaksanakan pada 7 Desember 2016. Besarnya pendapatan zakat dan manejemen yang bagus dalam pentasarufan Zakat di BAZMA adalah salah satu latar belakang kunjungan ini. Kunjungan diikuti oleh Mahasiswa MD semester 3. Selain itu, kunjungan ini adalah kunjungan perdana dalam rangka mengetahui arah lulusan Manajemen Dakwah nantinya yang berkecimpung dalam ranah wisata religi dan Manajemen Zakat.

1

Dalam sambutannya, Dr. Nawawi, M. Hum, Ketua Program Studi Manajemen Dakwah menyatakan bahwa salah satu Kompetensi lulusan di Program Studi Manajemen Dakwah adalah menjadi Manajer Lembaga Zakat, Infak dan Sadakah (ZIS). Salah satu lulusannya adalah pengelola zakat, seperti halnya pengelolaan zakat yang dilakukan Bazma Cilacap ini. Sebagai implementasi dari kompetensi tersebut adalah dengan terjun langsung ke Badan Pengelola Zakat dan mempelajari serta membandingkan dengan apa yang mereka terima dalam mata kuliahnya di kampus. Tentunya, agar mahasiswa paham akan kondisi lapangan sebagai pijakan dasar bagi mereka untuk mengolah Zakat, Infak dan Shadaqah nantinya” imbuhnya.

Dalam sambutannya Eko Harnanto menjelaskan sekilas kondisi terkini BAZMA Cilacap dan program kedepan untuk berbagi manfaat bagi seluruh Masyarakat Cilacap.  Beberapa program BAZMA antara lain Beasiswa Pendidikan 2016, Khitan massal, Warga Binaan dan lain-lain.  “Perkembangan BAZMA sampai saat ini bukan serta merta begitu saja. Selain kesungguhan dan tata kelola yang baik perlu contoh dan praktik langsung (mengeluarkan zakat-red) bagi para muzzaki dan donatur, khususnya dari Pertamina Cilacap” tandasnya.

2

Terkait dengan program Manajemen Zakat Infak dan Shadaqah yang menjadi salah satu fokus kunjungan mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah tersebut, Eko Haryanto mengemukakan bahwa manajemen yang dilakukan oleh BAZMA Cilacap bersifat konfergensi, yakni antara potensi masyarakat Cilacap dan upaya maksimal calon mustahiq. Dengan harapan Manajemen Zakat yang dikelola oleh Bazma dapat maksimal.”imbuhnya. Kunjungan Ilmiah Seperti ini diharapkan dapat dilanjutkan agar mahasiswa lebih mengenal dunia kerja yang nantinya akan mereka geluti.

Leave a Reply