Lagu Indonesia Raya Iringi Pembukaan Orientasi Mahasiswa Baru IAIN Purwokerto

PURWOKERTO – Ribuan mahasiswa baru padati upacara pembukaan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kampus (OPAK) di halaman gedung Rektorat IAIN Purwokerto, Senin (21/8). Upaca ini dilaksanakan sebagai bentuk simbolik peresmian OPAK. Turut hadir dalam acara tersebut seluruh jajaran rektorat serta perwakilan dari Gubernur Jawa Tengah.

Tepat pukul 05.00 WIB seluruh mahasiswa baru berbaris rapi sesuai dengan fakultasnya masing-masing, baik itu Fakultas Dakwah, Fakultas Ushuludin Adab dan Humaniora, fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dan fakultas Syari’ah. Panitia mewajibkan seluruh mahasiswa baru putra mengenakan kemeja putih, dasi hitam, peci, dan celana kain hitam. Sedangkan untuk mahasiswa putri menggunakan pakaian yang sama namun dengan kerudung yang berbeda-beda sesuai dengan fakultas masing-masing.

20904897_334264997028256_610460160095158272_n

Upacara pembukaan diawali dengan sambutan rektor Dr. H. A. Luthfi Hamidi, M.Ag, perwakilan dari Gubernur Jawa Tengah Eko Djoko Pramono, SH., MH., dan ketua Dewan Mahasiswa IAIN purwokerto. Acara lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Tidak hanya itu, Sumpah Mahasiswa ikut dikumandangkan seluruh mahasiswa baru disertai kepalan tangan keatas.

Saat mengisi sambutan, Rektor menekankan tiga karakter utama yang harus dimiliki mahasiswa baru. Karakter pertama adalah mahasiswa harus memiliki semangat belajar yang kuat, gigih, dan luar biasa. Kemudian yang kedua mahasiswa harus mempunyai semangat kompetisi yang handal, kuat, walaupun ada di antara mahasiswa yang jauh dari kota, namun tidak boleh patah semangat dan jangan mau kalah sebelum bertanding. “Ini dibuktikan pada acara Pioner Aceh dimana IAIN Purwokerto menyabet juara 1 baca kitab kuning mengalahkan UIN dan IAIN lainnya,” ungkapnya.

Karakter ketiga adalah seluruh mahasiswa harus menjadi trend center, bukan follower. Ia juga bangga terhadap UKM di kampus yang mampu menjadi contoh bagi kampus-kampus lainnya. “Semoga dua tahun kedepan mahasiswa baru akan menjadi generasi yang mencetak prestasi-prestasi gemilang,” terangnya.

Adapun perwakilan dari Gubernur Jawa Tengah Eko Djoko Pramono mengajak mahasiswa baru agar luwes dalam berperilaku dan komunikatif. Ia menambahkan, mahasiswa harus mengucapkan salam dan perlihatkan wajah yang ramah dengan senyum. “Kalian harus bisa mendukung antara satu dengan lainnya dan mengembangkan lagi dan digali lagi karena kalian harus bangga menjadi mahasiswa IAIN Purwokerto,” ungkapnya.

20170821_061446

 

Sementara itu ketua DEMA memberi motivasi kepada mahasiswa baru agar aktif dalam berorganisasi dan mampu menyeimbangakan dengan bidang akademik. “Jangan sampai menjadi mahasiswa kupu-kupu yang orientasi hidupnya hanya kuliah pulang kuliah pulang,” serunya.

Upacara diakhiri dengan pemukulan gong sebanyak lima kali oleh perwakilan Gurbernur Jawa Tengah sebagai penanda kegiatan OPAK secara resmi dibuka. (Aji)

Leave a Reply