Mahasiswa BKI Ikuti Lomba Kisah Inspiratif di Universitas Bangka Belitung

Satu orang  mahasiswa Prodi BKI IAIN Purwokerto atas nama Lina Dwi Puryanti mengikuti  lomba kisah inspiratif dalam rangkaian acara Gebyar Mahasiswa Bidikmisi Nasional. Pada tahun 2018 ini kali pertama bagi mahasiswa yang disapa akrab dengan nama Lina mengikuti lomba tersebut di Universitas Bangka Belitung sebagai tuan rumah. Selain Lomba Kisah Inspiratif, kegiatan ini total menyuguhkan tiga cabang lomba yaitu Lomba Debat, Kisah Inspiratif, dan Pidato Dua Bahasa yang dilaksanakan pada tanggal 5-9 Maret 2018 dengan diikuti oleh 64 universitas di seluruh Indonesia termasuk IAIN Purwokerto. Total jumlah peserta mencapai 136 mahasiswa.

Hari pertama, Pembukaan kegiatan ini berlangsung meriah dengan sambutan dari Abdul Fatah, Wakil Gubernur (Wagub) Bangka Belitung. Abdul Fatah dalam sambutannya menyampaikan terima kasih karena telah memilih Babel sebagai tuan rumah Kegiatan GEMBIRA 2018. Tak lupa, Wagub juga mengajak mahasiswa yang tergabung dalam GEMBIRA 2018, untuk mengunjungi kawasan wisata yang ada di Babel. Setelah itu, menyampaikannya kepada keluarga, tetangga dan rekan-rekan yang ada di daerah masing-masing Mahasiswa berasal.

Pelaksanaan Lomba Kisah Inspiratif Oleh Lina Dwi Puryanti

Hari kedua, dilaksanakan Kegiatan Lomba Kisah Inspiratif. Kegiatan ini dilaksanakan dengan model Wawancara kepada 44 Finalis Kisah inspiratif se Indonesia. Lina membawakan kisah tentang dirinya dengan mengambil judul “Melangkah Pasti Bersama Bidikmisi” untuk dipresentasikan di depan juri lomba. Dari hasil presentasi tersebut akan diambil 4 terbaik. Hasil lomba kisah inspiratif diumumkan secara langsung dan Lina mendapat peringkat 7 Nasional. Meskipun tidak masuk 4 besar namun karya 44 Finalis dibukukan dalam buku yang berjudul “Meraih Mimpi Bersama Bidikmisi”.

Kumpulan Kisah Inspiratif 44 Peserta

Hari ke tiga, mahasiswa Bidikmisi dibekali dengan Seminar Nasional dan Talkshow yang bertajuk “Kebudayaan Sebagai Penyelaras Pendidikan Dalam Mewujudkan Generasi Muda Berkarakter Bersama Mahasiswa Bidikmisi” dengan narasumber Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, MSc. (Rektor IPB), Drs. M. Soleh, MM. (Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kep. Bangka Belitung), dan Birrul Qodrriyah, S.kep. Ns. (Alumni Mahasiswa Bidikmisi Berprestasi). Seminar ini membahas kebudayaan sebagai penyelaras pendidikan dalam mewujudkan generasi muda berkarakter bersama Mahasiswa Bidikmisi.

Lina Mengikuti Seminar dan Talkshow

Hari ke empat, Peserta Gebyar Mahasiswa Bidikmisi Nusantara 2018 melaksanakan Field Trip. Lokasi tujuan field trip yaitu Pantai Tongach, Pantai Tikus Emas, Puri Tri Agung, Pantai Tanjung Ratu, serta aktivitas penanaman Mangrove. Tak lupa mahasiswa juga mengunjungi pusat oleh-oleh melewati jembatan emas. Bagi Lina, ini adalah pengalaman pertama untuk lebih mengenal budaya Indonesia melalui Event yang diselenggarakan panitia, salah satunya adalah mahasiswa diperkenalkan dengan tradisi khas Pulau Bangka. Mulai dari Nganggung maupun pengenalan tempat bersejarah lainnya. Kegiatan penutupan ini dilangsungkan dengan penyerahan Piala dan kejuaraan dari kegiatan yang ada.

Kesan positif terhadap acara tersebut disambut hangat oleh banyak pihak, terutama mahasiswa Bidikmisi di seluruh Indonesia, terkait kehidupan dan kebudayaan di sana. Sebagai bagian dari delegasi IAIN Purwokerto, Lina mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak fakultas dan universitas yang telah mendukung sehingga bisa berada di Bangka. Semoga prestasi seperti ini semakin bisa ditingkatkan lagi oleh mahasiswa lain.

Leave a Reply