Mahasiswa IAIN Purwokerto Senam Bersama Penerima Manfaat di RPSE Martani

Senam yang dilaksanakan pada Hari Jum’at bagi penerima manfaat merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Rumah Pelayanan Sosial Eks Psikotik Martani sebagai rangkaian program layanan rehabilitasi sosial panti yang harus diikuti oleh penerima manfaat di sana. Kegiatan ini dimaksudkan agar memudahkan penerima manfaat dalam proses penyembuhan dan rehabilitasi mental penerima manfaat.

Pelaksanaan Senam Bersama Mahasiswa BKI

Mahasiswa BKI berkesempatan mengikuti kegiatan senam tersebut sebagai salah satu tugas untuk observasi dan assesment bagi para pasien rehabilitasi. Senam yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 23 Februari 2018 dipimpin instruktur dari pekerja sosial yang ada di RPSE Martani ini diikuti mahasiswa sampai selesai. Riyesa dan kawan-kawan dari kelas VI BKI berkesempatan melihat proses rehabilitasi lewat senam pagi tersebut.

Peserta Senam

Kegiatan ini dilaksanakan agar dapat menjaga kebugaran dan kesehatan penerima manfaat di sana, kata Yuliati Setyorini, A.KS Kepala seksi penyantunan RPSE Martani. Wanita yang akrab dipanggil Yuni menambahkan bahwa selain menjaga kebugaran, senam adalah salah satu sarana rileksasi bagi penerima manfaat yang rata-rata mengalami gangguan mental. Diharapkan senam ini bisa memberikan kenyamanan dalam proses penyembuhan mereka.

Riyesa yang mengikuti senam ini dengan semangat membenarkan bahwa proses rehabilitasi bagi orang dengan gangguan mental harus dimulai dari kebugaran dan hal-hal kecil yang menyenangkan. Dari apa yang saya peroleh saat mengikuti mata kuliah konseling Rehabilitasi di Prodi BKI, ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam penyembuhan, salah satunya adalah senam dan tetap membuat penerima manfaat tersenyum. Tutur Riyesa. Ini adalah pengalaman pertama saya menangani dan mengobservasi para penerima manfaat. Kalau sebelumnya proses ini Cuma diterangkan di saat kami kuliah, saat ini saya bisa melihat langsung prosesnya. Tambahnya. Semoga kegiatan ini lebih sering dilaksanakan, guna menambah pengalaman mahasiswa dalam bidang rehabilitasi dan memberikan gambaran tentang pekerjaan mahasiswa saat lulus dari Prodi BKI.

Leave a Reply