Mitra Remaja Kenalkan Terapi Godog ke Mahasiswa


Pelaksanaan Terapi Godog

Ada beragam metode dapat dilakukan dalam upaya menyembuhkan penyakit baik fisik maupun psikis. Dari mulai yang tradisional hingga konvensional. Meskipun saat ini masyarakat lebih banyak memilih metode penyembuhan yang modern, tetapi hal ini tidak menyurutkan semangat dan antusiasme Komunitas Mitra Remaja untuk mengetahui akan metode penyembuhan yang bersifat tradisional yakni terapi godog. 

Komunitas Mitra Remaja Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto bekerjasama dengan Pondok Pesantren dan Panti Rehabilitasi Narkoba Nurul Ichsan Al Islami di Desa Karangsari, Kecamatan Kalimanah, Perbalingga untuk mengenalkan Terapi Godog kepada mahasiswa pada Selasa, (8/5/2018). Sekitar 20 Mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Mitra Remaja menjadi peserta dalam kegiatan tersebut.

Kata godog dalam bahasa Jawa berarti rebus. Terapi godog yaitu metode penyembuhan melalui proses penggodogan pasien/klien. Proses tersebut dilakukan  dalam  drum besar. Drum tersebut berisi air mendidih, yang sebelumnya sudah dicampur dengan rempah-rempah pilihan yang bertujuan untuk membantu proses pengobatan sebagai detoksifikasi dan air tawashul ( air yang sudah dibacakan doa-doa) dari praktisi sebagai perantara.

Ficki Fadila Filardi ketua Komunitra Mitra Remaja mengungkapkan bahwa pada awalnya terapi godog ini bertujuan untuk penyembuhan ilmu hitam, santet dan yang berkaitan dengan ilmu hitam. Lalu dikembangkan lagi untuk merehabilitasi para pengguna obat-obatan terlarang (NARKOTIKA) dengan tujuan untuk detoksifikasi racun dalam tubuh pasien dan mengurangi tingkat stres dan emosional pasien yang berdampak kestabilan mental pasien. Untuk mencapai pada hasil sebagaimana yang dikehendaki terapi ini perlu dilakukan secara periodik. Sampai saat ini terapi godog  terus dikembangkan sebagai metode penyembuhan penyakit medis maupun non medis. (Kharisma)

Leave a Reply