OPAK 2016 : kembali Ke Fitrah Mahasiswa

Pelaksanaan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) 2016 menjadi hal yang istimewa. Dikarenakan Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto melalui Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (DEMA- F) Dakwah dalam hal ini menjadi satu-satunya fakultas yang mandiri terkait panitia penyelenggara.

DEMA-F Dakwah untuk OPAK Fakultas 2016 ini juga merangkul FUAH yang dalam hal ini belum dapat menyelenggarakan OPAK Fakultasnya

DEMA-F Dakwah membentuk Organizing Commite (OC) guna mensukseskan penyelanggaraan OPAK Fakultas Dakwah dan FUAH tahun 2016. Panitia Organizing Commite (OC) terdiri dari berbagai elemen mahasiswa seperti Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Komunitas, Mahasiswa yang telah mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa dan Pendidikan Politik (PKM DIKPOL) tingkat 1, serta mahasiswa umum yang berkeinginan menjadi panitia kegiatan. Selain itu, ada juga delegasi dari HMJ Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora (FUAH).

12307490_114265542275748_291474270479575652_o

Noval Irmawan selaku ketua panitia OPAK Fakultas Dakwah dan FUAH IAIN purwokerto 2016 mengungkapkan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan secara umum untuk memperkenalkan civitas akademika.

Untuk mengenalkan civitas akademika, lebih jauh kepada kehidupan mahasiswa, khususnya mahasiswa Fakultas Dakwah dan FUAH dengan karakter fakultasnya masing-masing. Hal ini harus benar-benar mereka pahami, karena itu yang akan menjadi bagian aktivitas selama menjadi mahasiswa.” Kata Noval di Laboratorium Dakwah usai acara, Kamis (7/9/2016).

Noval melanjutkan, untuk OPAK Fakultas Dakwah dan FUAH IAIN Purwokerto 2016 ini panitia benar-benar kreatif dan mempersiapkannya dengan matang. Secara umum panitia tidak banyak mencontoh agenda kegiatan sebelumnya yang serupa.

Dengan mengangkat tema “Kembali ke fitrah mahasiswa melalui kearifan lokal menuju generasi yang berjiwa sosial dan berintegritas” acara dibuat sekreatif mungkin.

“Kreatifitas yang ditampilkan tidak lain sebagai penyampai pesan kepada mahasiswa baru, dan hal tersebut merupakan representasi dari tema yang diangkat.” Jelas Noval.

Disaat pembukaan OPAK Fakultas Dakwah dan FUAH IAIN Purwokerto 2016. Mahasiswa baru diajak menyaksikan penampilan barongsai dan wayang orang punakawan. Penampilan ini tidak saja sebagai pemeriah acara pembukaan, melainkan agar sejak awal mahasiswa baru dapat mengenal keragaman kehidupan mahasiswa melalui simbol.

Simbol barongsai lebih ditekankan untuk mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora, Serta wayang orang punakawan untuk mahasiswa baru Fakultas Dakwah. Simbol ini dianggap menjadi gambaran umum fakultas masing masing.

Leave a Reply