Pelatihan Produksi Radio

Salah satu pilar penting dalam rangka mempertegas upaya peningkatan pelayanan mahasiswa di bidang Pelatihan adalah melaksanakan pelatihan Produksi Siaran Radio untuk Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Arah yang diharapkan dari jenis Pelatihan ini adalah dapat membekali mahasiswa dengan sejumlah keterampilan yang bertalian dengan penyiaran radio.

1

Untuk Pelatihan produksi dan siaran radio arah kebijakan diilhami oleh dorongan lembaga untuk memproduksi lulusan Jurusan KPI yang betul-betul menguasai perangkat radio dan televisi. Maju mundurnya bidang kejurnalistikan dan sejenisnya akan ditentukan oleh seberapa besar ketersediaan kemampuan SDM yang memadai. Ketersediaan SDM yang memadai di bidang tersebut tentunya tidak hanya mahasiswa dibekali konsep teoritik namun juga harus diarahkan pada wilayah aplikatif/praktik.

4

Berangkat dari harapan di atas, Fakultas Dakwah yang memiliki Program Studi KPI yang berorientasi pada penyiapan lulusan yang terampil dalam bidang kejurnalistikan dan penyiaran, tentunya Pelatihan produksi dan penyiaran radio merupakan sebuah tuntutan berskala jurusan yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa.

3

Pelatihan ini dibimbing oleh Hanif Fahridads, SH. Yang merupakan dosen yang berprofesi sebagai Penyiar Radio di RRI Purwokerto. Pelatihan dilaksanakan di Ruang Radio STAR FM Laboratorium Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto pada hari Kamis, 18 Agustus 2016. Hanif memberikan materi penulisan script penulisan berita, pengolahan berita sampai dengan penyiaran on air. Diharapkan Pelatihan ini memberikan bekal bagi mereka yang ingin terjun di dunia broadcasting, terutama penyiaran radio.

Leave a Reply