PEMBEKALAN PPL FAKULTAS DAKWAH 2019

Ratusan mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto memadati Hall IAIN Purwokerto, Rabu, 3 Januari 2019. Mereka mengikuti pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Semester Genap 2018/2019 yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Dakwah , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. Dalam sambutannya, Zaenal menyatakan komitmennya siap men-support penuh melalui percepatan kelulusan sesuai dengan Program Fakultas Dakwah dalam Rencana Strategis (Renstra) Fakultas Dakwah dengan prestasi akademik yang memuaskan.

“Melalui ketekunan dan manajemen waktu yang baik dalam perkuliahan, kalian bisa segera lulus dengan predikat cumlaude. Untuk itu, perlu disiapkan tiga komponen dasar yaitu kompetensi dasar (capability), kemampuan beradaptasi (adaptability) dan akseptabilitas (acceptability),” demikian pesannya dalam pembukaan acara tersebut.

Zaenal menekankan agar peserta PPL harus menguasai kompetensi profesional sesuai prodi (bimbingan dan Konseling, Komunikasi, Manajemen Haji dan Umroh, serta Pengembangan masyarakat) yang ditunjang dengan kompetensi sosial melalui kemampuan menyesuaikan diri dan inisiatif yang baik di tempat praktek. “Semoga pelaksanaan PPL ini berjalan lancar tanpa halangan dan semua dalam keadaan sehat dan semangat,” harapnya.

Kegiatan PPL ini akan diselenggarakan selama 40 hari , dimulai tanggal 7 Januari 2019 sampai dengan 18 Februari 2019. PPL Semester Genap ini diikuti oleh 209 mahasiswa praktikan, dengan rincian 95 Mahasiswa Prodi BKI, 46 mahasiswa Prodi KPI, 41 mahasiswa Prodi MD, dan  27mahasiswa Prodi PMI. Secara Umum,  mahasiswa BKI melaksanakan PPL di Rumah Sakit, Panti Asuhan, dan Panti Rehabilitasi. Mahasiswa KPI melaksanakan PPL di Radio, Televisi, Media Surat Kabar, Media Online, dan Advertising. Mahasiswa MD melaksanakan PPL di Lembaga Haji dan Umroh, Tour dan Travel dan Lembaga Lembaga Dakwah. Mahasiswa PMI melaksanakan PPL di LSM, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, baik dari dalam kampus maupun luar kampus. Narasumber pertama yaitu Ahmad Muttaqin, M.Si, yang memberikan materi tentang kesiapan mahasiswa selama PPL. Mahasiswa harus pintar dan bisa lebih menonjolkan inisiatif  mereka selama PPL, Ahmad Muttaqin menjelaskan.

Narasumber kedua adalah Dr. Muskinul Fuad, M.Ag. Fuad, begitu beliau biasa dipanggil merupakan Dosen Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI). Beliau memaparkan tentang etika mahasiswa PPL selama melaksanakan PPL. Narasumber ketiga adalah Prof. Dr. Abdul Basit , M.Ag. yang merupakan Dosen Prodi KPI yang juga menjabat sebagai Direktur Pascasarjana IAIN Purwokerto. Beliau memaparkan tentang kode etik mahasiswa KPI saat melaksanakan PPL di Instansi.  Narasumber ke empat menghadirkan Dr. Sulkhan Chakim, MM., . Dosen yang berkutat di pengembangan masyarakat ini memberikan materi tentang kode etik mahasiswa Jurusan pengembangan masyarakat yaitu Prodi MD dan PMI.

Slamet Setiadi, Kepala Bidang Keperawatan RSUD Banyumas

Narasumber luar menghadirkan Slamet Setiadi S.Kep Ns, MM. Kepala Bidang Keperawatan RSUD Banyumas. Beliau memberikan materi tentang Kode Etik dan Gambaran Lokasi PPL di Rumah Sakit, khususnya terkait kode etik di RSUD Banyumas.

Leave a Reply