Perumusan dan Penetapan Visi dan Misi Program Studi Manajemen Dakwah

Visi dan Misi merupakan sesuatu yang mutlak dikuasai seorang pemimpin, baik di sektor swasta maupun pemerintah. Dengan visi misi ini pemimpin dapat menjadi seorang TOP MANAJER yang handal bagi organisasi/perusahaannya. Dalam aplikasinya, visi dan misi ini dapat digolongkan kedalam visi misi organisasi, dan visi misi dari individu pemimpin itu sendiri. Visi-misi organisasi merupakan perumusan pandangan organisasi untuk mencapai maksud dan tujuan yang menjadi bidang garapannya, sementara visi-misi individu pemimpin merupakan perumusan langkah-langkah dan pandangan dari pemimpin itu untuk mewujudkan tercapainya visi misi organisasi. Untuk itu, pada hari Senin, 21 Maret 2016 dilaksanakan perumusan visi dan misi salah satu program studi di Fakultas Dakwah yaitu Program Studi Manajemen Dakwah. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Auditorium Utama IAIN Purwokerto.

1

Program Studi Manajemen Dakwah (MD) merupakan salah satu program studi pada Jurusan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Dakwah, IAIN Purwokerto. Semenjak berdirinya program studi ini, visi yang ditetapkan mengarah pada penerapan dan implementasi Tri Dharma perguruan tinggi. Sebagai salah satu program studi yang bergerak di bidang manajemen dengan tugas utama menghasilkan tenaga ahli di bidang manajemen dakwah yang berkualitas dan professional.

Visi dan misi Program Studi Manajemen Dakwah dirumuskan secara bersama dengan melibatkan unsur pimpinan fakultas dan beberapa dosen senior dari program studi lain (dokumen pendukung). Mereka adalah Nawawi, M.Hum/Kajur sekaligus Kaprodi Manajemen Dakwah, dan Alief Budiyono, M.Pd./Sekretaris Jurusan Manajemen Dakwah (perwakilan dari unsur pimpinan), Arsam, MSI. dan Dr. Musta’in M.Si. (Dosen dari Progran studi lain) dan Kholil Lur Rochman (perwakilan dari Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Purwokerto).

3

Visi dan misi Program Studi MD dirumuskan secara bersama dengan

  1. Melibatkan unsur pimpinan fakultas dan beberapa dosen senior dari program studi lain.
  2. disusun dengan memperhatikan visi dan misi Universitas Tadulako serta visi dan misi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan dan menjadi induk bagi Program Studi PGSD.
  3. Mengundang Pakar, diforumkan dalam bentuk workshop dengan hasil notulensi rapat atau workshop.
  4. Melibatkan stakeholder dalam hal ini manajer penyelenggara haji dan umroh
  5. Learning outcome pada rumusan KKNI = tujuan dalam rumusan visi, misi.dan harus spesifik dan jelas dan operasional agar bisa diukur.
  6. Indikator pada rumusan KKNI bisa dirumuskan dalam sasaran dan strategi pada boran, akan tetapi seyogyanya berada dalam matrik time frame
  7. Pertimbangan lain dalam menyusun visi misi adalah spesifikasi program studi MD dimana tujuan akhirnya adalah menghasilkan calon tenaga ahli di bidang manajemen dakwah dengan kompetensi yang berkualitas.

 

Berdasarkan rumusan visi misi yang dilaksanakan, maka ditetapkan :

Visi:

Pada Tahun 2030 menjadi program studi yang unggul dan islami pada level nasional dalam pengembangan manajemen dakwah melalui Zakat Infaq Shodaqoh Wakaf (ZISWA) dan wisata religi menuju masyarakat berkeadaban.

Misi :

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berbasis riset dengan blended ingredient curriculum dan link and match curriculum melalui integrasi antara ilmu umum dan agama, yang aplikatif dan berkualitas dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing yang tinggi dan diakui secara nasional
  2. Menyelenggarakan penelitian yang memberikan kontribusi terhadap masyarakat dan pengembangan ilmu manajemen dakwah
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat melalui pemberdayaan sumber daya manusia serta meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat
  4. Mewujudkan sumber daya insani yang mempunyai integritas, keluhuran akhlak islami, profesionalisme dan memiliki kompetensi dalam bidang manajemen dakwah.

Tujuan

  1. Meningkatkan kemampuan dan daya saing lulusan di bidang manajemen dakwah
  2. Menghasilkan penelitian yang memberikan kontribusi terhadap  masyarakat dan pengembangan ilmu manajemen dakwah
  3. Meningkatkan peran lulusan dalam pengembangan sumberdaya manusia dan menciptakan nilai tambah bagi masyarakat.
  4. Memantapkan kerjasama yang mendukung pemerataan akses pendidikan
  5. Memantapkan integrasi Program Studi Manajemen Dakwah dengan tata kelola yang baik (good university governance)

Leave a Reply