PESANTREN RAMADHAN ALA MITRA REMAJA

Bulan ramadhan merupakan waktu di mana banyak orang berlomba-lomba melakukan kebaikan. Mulai dari anak usia dini sampai orang yang sudah lanjut usianya. Banyak terlihat kegiatan-kegiatan yang (hanya) dilakukan di bulan ramadhan. Seperti salah satu contohnya adalah pesantren kilat ramadhan, seperti yang sering dilaksanakan di sekolah-sekolah menengah umum.

Namun, seringkah kita (atau dalam hal ini) remaja terjebak pada stigma bahwa pesantren kilat ramadhan hanya berkutat pada ceramah yang membosankan. Kenyataan ini tidak terlepas dari stagnansi pola penerapan pesantren ramadhan yang dilaksanakan, terutama di sekolah-sekolah umum yang ada. Ini menjadi kurangnya efektifitas pemahaman terhadap peserta kegiatan.

3

Komunitas Mitra Remaja dalam hal ini sebagai salah satu wadah aktualisasi penerapan keilmuan konseling dan training motivasi mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto punya cara tersendiri untuk dapat membuat pesantren kilat ramadhan menjadi tidak lagi membosankan.

Seperti yang telah dilaksanakan, komunitas Mitra Remaja Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto bekerjasama dengan SMK Telkom Purwokerto menggelar pesantren kilat ramadhan selama empat hari berturut-turut, Senin-Kamis (13-16/6/2016).

Bertempat di komplek SMK Telkom Purwokerto, para siswa-siswi yang terdiri dari berbagai jurusan dari kelas sepuluh dan kelas sebelas yang mengikuti kegiatan ini terlihat antusias dan bersemangat walaupun sedang menjalankan ibadah puasa. Ini dikarenakan konsep pesantren remadhan yang dilaksanakan dikemas dengan apik oleh komunitas Mitra Remaja dibantu Rohis siswa SMK Telkom Purwokerto.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Pada sesi pembukaan, di gedung SMK-TEL Sandhy Putra Purwokerto, seluruh siswa-siswi kelas sepuluh dan sebelas langsung diberi motivasi dan arahan oleh motivator Komunitas Mitra Remaja, Arif Widodo. Kemudian, setelah acara pembukaan dan training motivasi selesai, peserta pesantren ramadhan di bagi ke dalam 18 kelompok dan dipandu untuk memasuki masing-masing kelas didampingi oleh 33 orang konselor dan motivator anggota komunitas Mitra Remaja. Ke-33 anggota komunitas Mitra Remaja itu dibagi kepada masing-masing kelompoknya untuk dapat mendampingi selama empat hari.

Selain training motivasi dan pembekalan materi ramadhan oleh masing masing pendamping, komunitas Mitra Remaja juga menggelar lomba-lomba, diantaranya adalah lomba da’i, kaligrafi, dan cerdas- cermat agama islam dengan dewan juri yang juga merupakan anggota komunitas Mitra Remaja Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto. Lomba-lomba ini diadakan guna menstimulus dan membangkitkan gairah semangat peserta dalam mengikuti kegiatan pesatren ramadhan.

1

Selama empat hari, peserta pesantren ramadhan yang merupakan siswa-siswi SMK Telkom Purwokerto ini diajak oleh masing-masing pendampingnya guna memahami keilmuan agama islam dan kehidupan dengan pendekatan agama yang menyenangkan. Di setiap harinya, peserta sesekali diajak melakukan hal kreatif saat memasuki waktu ice breaking kegiatan.

Setelah empat hari berlangsung, sebagai penutup dari rangkaian kegiatan pesantren ramadhan, para peserta yang mengikuti lomba dan keluar sebagai juara diberikan penghargaan dan kenang-kenangan.

Leave a Reply