Seminar Nasional, Pelantikan dan Raker ABKI

ABKI merupakan organisasi yang diimpikan keberadaannya untuk menyokong profesionalisme BPI/BKI, sehingga memantapkan keberadaannya di segala bidang kehidupan. Sehingga mendapatkan pengakuan terhadap keahlian BPI/BKI di manapun. Sejak 2013 lalu pertemuan di UIN Walisongo Semarang telah berusaha menyatukan visi bersama BPI/BKI, namun menemui jalan buntu. Kemudian di tahun 2014 UIN SGD Bandung juga melakukan hal yang sama, dengan menelurkan konsep Aspro BKPI. Hanya saja itupun belum cukup karena kita belum bisa bersatu bergandengan tangan. Pada tahun 2015 UINSA mengadakan forum sejenis untuk berusaha membuat ikatan Prodi/Jurusan BPI/BKI dalam wadah yang sama. Tetapi juga gagal mendeklarasikan, karena banyak yang tidak hadir termasuk UIN SGD Bandung tidak hadir pada saat itu. Tetapi kita sudah menemukan kata sepakat bahwa kita akan menyatu dalam wadah yang sama. Dan kita mulai membentuk grup informal agar bisa saling berkomunikasi.

Setelah komunikasi intens akhirnya pada tahun 2016 kita menyepakati untuk mengadakan pertemuan kembali. Sempat terjadi dinamika dimana pertemuan akan berlangsung. Pada saat itu UIN Kalijaga juga siap, tetapi karena inisiator dari UINSA maka kemudian UINSA lah yang menyatakan akan dilangsungkan di Surabaya.

Akhirnya pada tahun 2016 lalu kita keluarga besar BPI dan BKI bisa menyatukan visi/misi dan mendeklarasikan ABKI (Asosiasi Bimbingan dan Konseling Islam). Sekaligus memilih presidium dan pengurus divisi. Sehingga BPI/BKI secara resmi memiliki Asosiasi. Walaupun belum memiliki legal formal.

Setahun berlalu, dengan berbagai pembenahan dan perkembangan yang ada akhirnya kita memiliki akta pendirian pada awal Agustus tahun ini. Dan nama ABKI berubah menjadi PABKI (Perkumpulan Ahli Bimbingan dan Konseling Islam) menyesuaikan kriteria hukum.

Akhirnya langkah terakhir seiring keluarnya Akta KEMENKUM & HAM dengan Nomor AHU-0011562.AH.01.07.Tahun 2017 tertanggal 30 Agustus 2017, Maka PABKI (Perkumpulan Ahli Bimbingan dan Konseling Islam) Resmi Berdiri dan berbadan hukum.

Akhirnya jajaran pengurus PABKI kembali bertemu di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. memenuhi undangan Kaprodi BKI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sekaligus Wakil Presiden PABKI A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si., Pada 10-12 Agustus 2017 kemarin. Forum tersebut didesain dengan bentuk “Seminar Nasional, Pelantikan, dan Rapat Kerja Asosiasi Bimbingan dan Penyuluhan Islam”. Dengan tema ” Memantapkan Profesionalisme Bimbingan dan Konseling Islam di Berbagai Latar Kehidupan”.  

Sumber : http://dakwah.uin-suka.ac.id/2017/09/seminar-pelantikan-dan-rapat-kerja-nasional-pabki/

seminar

Seminar Nasional, Pelantikan dan Rapat Kerja ABKI

 Sebagai tindak lanjut pembentukan ABKI dan pemantapan organisasi ini, maka pada tanggal 10-12 Agustus 2017, Prodi BKI Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga menginisiasi kegiatan Seminar Nasional, Pelantikan dan Raker ABKI yang dihadiri 25 Program Studi BKI/BPI se-Indonesia Mulai dari UIN Ar Raniry Aceh, UIN Sumatera Utara Medan, UIN Imam Bonjol Padang, UIN Raden Intan Lampung, UIN Raden Fatah Palembang, IAIN Bengkulu, STAIN SAS Bangka Belitung, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, IAIN Purwokerto, IAIN Pekalongan, STAIN Kudus, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Walisongo Semarang, IAIN Ponorogo, UIN Sunan Ampel Surabaya, IAI Syarifuddin Lumajang, UIN Mataram, IAIN Palangkaraya, IAIN Samarinda, IAIN Pontianak, IAIN Palopo, IAIN Ambon, UIN Antasari Banjarmasin, serta beberapa perwakilan lainnya. Ada sekitar 45 peserta, Tidak ketinggalan, IAIN Purwokerto mengirimkan Nur Azizah, M.Si. sebagai perwakilan anggota ABKI tersebut. Azizah, yang menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Bimbingan dan Konseling itupun menyambut dengan antusias kegiatan tersebut.

 abki3

Acara yang dihelat selama 3 hari ini diikuti dengan seksama demi pengembangan Program Studi  Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Purwokerto. Hari pertama dilalui dengan pembukaan kegiatan oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta  Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, Ph.D. dan dilanjutkan dengan Seminar Nasional dengan Tiga orang Narasumber yaitu: pembicara Pembina PABKI Prof. Dr. Yahya Jaya, MA dan Dr. Anwar Sutoyo, M.Pd. Kemudian Ketua PABKI Dr. Aep Kusnawan, M.Ag., dan Dr. Arif Maftuhin MA.

Pada malam harinya, Azizah mengikuti pelantikan pengurus pusat (PP) Perkumpulan Ahli Bimbingan dan Konseling Islam (PABKI) sebagai anggota Departemen Pengembangan Keilmuan dan Profesi BKI bidang Kesehatan Mental.

abki1

Pelantikan Anggota ABKI

Hari Selanjutnya, Azizah mengikuti Rapat kerja pengurus pusat (PP) Perkumpulan Ahli Bimbingan dan Konseling Islam (PABKI) beserta seluruh peserta yang hadir dengan membahas rancangan program kerja yang akan dilaksanakan oleh pengurus pusat (PP) Perkumpulan Ahli Bimbingan dan Konseling Islam (PABKI).

mou

Penandatangan MoU BKI IAIN Purwokerto

Akhir kegiatan, Azizah melaksanakan perjanjian kerjasama (MOU) antara Program Studi BKI IAIN Purwokerto dengan Perkumpulan Ahli Bimbingan dan Konseling Islam (PABKI) dan antar program studi BKI/BPI lain yang hadir dalam kegiatan ini.

Comments (2)

  1. Hamdi June 22, 2018

Leave a Reply