Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Angkatan 1 tahun 2019 Fakultas Dakwah

Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto ditunjuk sebagai penyelenggara Pelatihan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji. Penyelenggaraan acara tersebut merupakan kerjasama antara Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto dengan Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kementerian Agama RI dan DPD Perkumpulan Forum Komunikasi KBIH Kabupaten Banyumas. Acara tersebut dilaksanakan di Hotel Rosenda Baturaden sejak tanggal 12-20 Desember 2019. Adapun peserta yang mengikuti acara tersebut sebanyak 83 orang perwakilan dari berbagai  Kabupaten Banyumas dan sekitarnya serta perwakilan dari berbagai KBIH. Peserta merupakan pembimbing manasik haji yang belum tersertifikasi.

Panitia Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji

Acara ini dibuka oleh Rektor  IAIN Purwokerto, Dr. H. Moh Roqib, M.Ag didampingi oleh Dekan Fakultas Dakwah, Prof. Dr. H. Abdul Basit, M.Ag.  adapun tujuan diselenggarakannya acara tersebut yakni untuk memberikan penilaian dan pengakuan Pemerintah atas kemampuan dan keterampilan seorang pembimbing manasik haji dalam melakukan bimbingan manasik haji secara professional. Pemerintah menargetkan adanya pebimbing manasik haji yang tersertifikasi sebanyak 4.000 orang untuk seluruh Indonesia. Sehingga terwujud rasio ideal pembimbing manasik haji yakni 1:45 dari kuota haji jamaah regular kurang lebih 155.200 orang.

Peserta sertifikasi Manasik Haji
Praktik manasik haji

Sertifikasi Pembimbing manasik Haji ini diisi oleh narasumber yang kompeten di bidangnya antara lain Prof. Dr. H. Nizar, M.A., Dinkes Kabupaten Banyumas, Knwil Provinsi Jawa Tengah dan lain-lain. Adapun materi yang disampaikan adalah materi yang sangat penting bagi pembimbing manasik haji mulai dari kebijakan Pemerintah mengenai ibadah haji, pelayanan haji, problematika penyelenggaraan ibadah haji, bimbingan manasik haji hingga praktek manasik haji. Semua peserta mengikuti kegiatan ini dengan tertib, kompak dan semangat sehingga terjalin kerjasama yang baik antara panitia, peserta dan narasumber.

Leave a Reply