Setya Laras Iringi Pertunjukan Wayang

Alunan gending Setya Laras IAIN Purwokerto terlihat meriah mengiringi acara di Pageraji, Kecamatan Cilongok. Setya Laras mengiringi pagelaran wayang Ki Andri dari Karang Tengah pada 5 April 2017.  Acara ini digelar dalam rangka pernikahan salah satu tokoh masyarakat di Desa Pageraji. Tim karawitan Setya Laras memainkan berbagai gending seperti Ricik Ricik Banyumasan dalam mengiringi pementasan tersebut. Gending-gending berlaras cepat ini memang sengaja dipilih untuk memeriahkan suasana setelah diguyur hujan. Selain itu, pementasan karawitan ini juga dimaksudkan untuk menarik minat masyarakat menikmati budaya tradisional jawa ini.

1

Iringan Tim Karawitan Setya Laras IAIN Purwokerto

Mahasiswa IAIN Purwokerto berkolaborasi dengan tim Karawitan dari Karang Tengah yang biasa mengiringi Ki Dalang dalam berbagai pementasan wayang. Mahasiswa dengan piawai memainkan alat-alat karawitan selama pertunjukan berlangsung. Acara yang berlangsung selama lebih dari 4 jam ini diikuti tim Karawitan dengan serius, mulai jam 20.00 WIB sampai dengan Pkl. 02.00 WIB. Pementasan didampingi oleh Warto, M.Kom. yang merupakan ketua tim karawitan ini. Warto berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan agar mahasiswa bisa terus berkarya dan belajar melestarikan warisan budaya Banyumasan ini.

IAIN Purwokerto

Paparan Profil IAIN Purwokerto

Dalam pementasan wayang, Ki Dalang mengambil lakon cerita Bambang Sumantri mencari pasangan hidup. Lakon ini mewakili nama dari pengantin yang juga bernama Bambang. Sebelum pementasan wayang tersebut, Ki Dalang menceritakan keadaan punggawa Karawitan yang mayoritas mahasiswa IAIN Purwokerto ini. Tak lupa juga Ki Dalang memaparkan tentang profil IAIN Purwokerto, mulai dari Fakultas, Prodi sampai budaya pesantrenisasi yang sampai sekarang masih berlanjut. Dalam paparannya, beliau menyampaikan juga visi dan misi masing-masing fakultas kepada pengunjung yang sebagian besar adalah anak muda. Selain berkecimpung dalam bidang agama, nyatanya mahasiswa IAIN Purwokerto adalah generasi penerus yang bisa melestarikan kebudayaan bangsa, tambahnya. Misi Warto adalah mengenalkan IAIN Purwokerto kepada masyarakat Pageraji dan sekitarnya, dimana kampus kita menjadi kampus islami yang masih memegang teguh peradaban dan kebudayaan Indonesia sesuai Visi dan Misi IAIN Purwokerto : Unggul dan Islami menuju masyarakat berkeadaban.

Karawitan

Tim Karawitan Setya Laras

Leave a Reply