Siramah Kalbu lewat Cafe Ramadhan RRI Purwokerto

Iman dan Islam laksana sebuah akar dan batang. Ia berbeda namun tidak dapat dipisahkan. Keduanya saling berkaitan dan tidak dapat berdiri sendiri. kekuatan keislaman seseorang atau dalam hal ini batang pohon sangat tergantung pada kekuatan iman atau akar. Akar menjadi pondasi seseorang dalam menentukan batang pohon yang bagus. Demikian juga batang akan menjadi subur dan kuat untuk menghasilkan ranting, daun dan buah yang subur tergantung pada kekuatan dan kemampuan akar dalam memberikan asupan makan untuk batang. Dengan demikian iman menjadi bagian penting yang harus diperhatikan seseorang dalam pembentukan keislaman seseorang.

Bulan Ramadhan menjadi momentum dalam peningkatan iman dan islam menuju pribadi yang muhsin. Bulan Ramadhan juga sering dijadikan bulan dalam menjaga iman agar keislaman seseorang lebih baik, lebih bermakna dan lebih indah. Karena itu Bulan Ramadhan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu untuk mendapatkan momentum baru dalam pelaksanaan keislaman seseorang. Dengan janji pahala yang banyak, dan hati yang tenang selama menjalankan puasa di Bulan Ramadhan maka diharapkan peningkatan iman dan islam pun menjadi mudah untuk dilaksanakan atau dicapai.

Syiar Dakwah Melalui Radio

Adanya model penyuluhan agama menjadi alternatif dalam penyebarluasan pesan tersebut. Salah satu model itu adalah dengan menggunakan media massa seperti radio agar pesan cepat sampai kepada pendengar. Melalui radio maka pendengar menjadi lebih dekat, akrab dan hangat setiap mereka berinteraksi dengan radio, sehingga lebih nyaman untuk mencerna dan memahaminya. Dengan interaksi yang baik antara pendengar dan narasumber di radio maka pendengar akan lebih mudah memahami pesan yang ingin didalami. Karena itu penyuluhan agama di radio menjadi alternatif yang baik selain dari koran dan televisi.

Perguruan tinggi sebagaimana tercatat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat. Oleh karena itu Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Purwokerto melaksanakan penyuluhan agama “Cafe Ramadhan” di RRI Purwokerto yang dapat dijadikan sebagai piranti untuk memberikan pengalaman dan pengabdian masyarakat para dosen Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto agar syiar Islam akan lebih berkumandang. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 27 Mei – 20 Juni 2017 di Pro 2 RRI Purwokerto setiap hari selama ramadhan.

Nur Azizah, Salah satu narasumber Cafe Ramadhan RRI Purwokerto

Leave a Reply