Sosialisasi Fakultas Dakwah Melalui Kunjungan silaturahim sesama penggiat kesenian

Pada tahun ini, Fakultas Dakwah melaksanakan sosialisasi Penerimaan mahasiswa baru ke sekolah-sekolah, baik melalui dosen, mahasiswa yang merupakan alumni dari SMA/SMK/MA dari asal mahasiswa maupun dari kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan langsung oleh pihak fakultas.

Salah satu yang memulai kegiatan ini adalah Warto, M.Kom. Dosen Prodi KPI yang menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto  melaksanakan kunjungan ke SMA Negeri Ajibarang sebagai bentuk sosialisasi Fakultas Dakwah. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Senin, tanggal 28 Januari 2019 di Sanggar Kesenian SMAN Ajibarang.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk Kunjungan silaturahim sesama penggiat kesenian. Warto sendiri merupakan pembina dari komunitas Seni dan dakwah yang ada di IAIN Purwokerto. Warto mengatakan, acara yang digelar ini memang dikhususkan untuk siswa SMA. Hal itu bertujuan untuk menunjukkan kepada anak-anak SMA bahwa kuliah di IAIN bukan hanya sekedar ceramah. Menurutnya, selama ini yang ada di pikiran anak-anak SMA, kuliah di IAIN itu harus bisa ceramah. “Dengan adanya acara ini kami ingin tunjukkan bahwa tidak hanya ceramah tapi juga bisa melalui musik sebagai sarana dakwah,” terang Warto.

Warto mengharapkan dengan kegiatan ini, selain sebagai bentuk pelestarian dan pengembangan kesenian tradisional melalui gending Jawa, siswa juga bisa mengetahui salah satu kegiatan kesenian yang ada di IAIN Purwokerto. IAIN yang identik dengan kultur keagamaan, juga masih bisa bersanding dengan kesenian Jawa, sama seperti yang dilakukan Sunan Kalijaga saat menyebarkan agama islam di tanah Jawa.

Leave a Reply