Strategi Penulisan Artikel untuk Publikasi Jurnal Internasional

Publikasi ilmiah dalam jurnal bereputasi sudah menjadi kewajiban dan tuntutan dari pemerintah yang harus dipenuhi oleh setiap Dosen. Hal ini sebenarnya sudah sejalan dengan tridharma perguruan tinggi, khususnya unsur penelitian. Menanggapi hal tersebut, Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto melaksanakan workshop strategi penulisan artikel untuk publikasi jurnal internasional dengan tema “strategy for writing international articel with journal reputation and high impact” pada tanggal 24-25 Agustus 2019 di Kaligua, Brebes, Jawa Tengah. Narasumber dalam workshop ini adalah Prof. Dr H.M. Anton Athoillah, MA. (Guru Besar Ilmu Ekonomi UIN Sunan Gunung Djati Bandung)  dan Warto, M.Kom (Dosen Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto).

Workshop Penulisan Artikel untuk Publikasi di Jurnal Internasional

Dekan Fakultas Dakwah Prof. Dr. Abdul Basit, M.Ag menuturkan terselenggaranya workshop ini  dilatarbelakangi oleh tugas serta tanggungjawab dosen dalam publikasi karya ilmiah (jurnal bereputasi) sebagai prestasi serta karier akademik. Selain itu Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang menulis artikel penelitian yang dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi. Dalam Workshop ini peserta tidak hanya menerima materi tentang tata cara penulisan karya ilmiah, jurnal terindeks scopus, membangun network dalam publikasi jurnal, latihan software mendeley namun juga sampai kepada strategi percepatan karier akademik sebagai dosen.

Kewajiban penelitian dan publikasi ilmiah sudah jadi bagian dari setiap proses kenaikan jabatan fungsional akademik, dan semakin hangat dibahas saat keluarnya Permenristekdikti No. 20 Tahun 2017 tentang pemberian tunjangan profesi dosen dan tunjangan kehormatan profesor.

Prof. Dr H.M. Anton Athoillah, M.A. memberikan paparan tentang pentingnya publikasi

Seseorang yang diusulkan ke Lektor Kepala dengan masa kerja kurang delapan tahun sejak pengangkatan pertama dalam jabatan akademik asisten ahli, maka diperlukan karya ilmiah yang memenuhi persyaratan sesuai lampiran V Peraturan bersama Mendikbud dan kepala BKN No. 4/VIII/PB/2014 dan 24 tahun 2014 ditunjukkan pada penjelasan tabel 7 butir 1 dan butir 12 yaitu jurnal terindeks dalam basis data internasional bereputasi yang diakui oleh Kemenristekdikti dengan SJR jurnal paling sedikit 0,15 atau SJR jurnal di atas 0,10 dan Q3 atau memiliki JIF WoS paling sedikit 0.05.

Digelarnya workshop strategi penulisan artikel untuk publikasi jurnal internasional ini mendapatkan respon positif bagi para peserta. Uus Uswatusolihah, S.Ag, M.A. salah satunya dosen Fakultas Dakwah yang menilai banyak sekali manfaat yang bisa didapat dalam Workshop ini. “Saya sangat termotivasi setelah mengikuti workshop ini, saya jadi mengerti strategi publikasi jurnal internasional, membuka wawasan bagaimana mencari jaringan internasional,  selain itu kami juga memahami bagaimana percepatan karier akademik sebagai dosen,” terang Uus.

Leave a Reply