Ta’aruf Mahasiswa Dakwah (TAMADA) 2016

Usai melaksanakan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) 2016, mahasiswa baru Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto diajak mengunjungi kota Bandung pada Minggu-Senin (25- 26/9/2016). Kegiatan berkunjung ke kota kembang ini dalam rangka masa keakraban mahasiswa, atau dikenal dengan Ta’aruf Mahasiswa Dakwah (TAMADA) yang diselenggarakan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (DEMA-F) Dakwah IAIN Purwokerto.

Di kota Bandung, mahasiswa baru mengikuti serangkaian kegiatan TAMADA dari pagi hingga malam tiba. Mulai dari masa keakraban di pagi hari, yang diisi dengan outbound bersama di Taman Hutan Ir. H. Djuanda Bandung, dilanjut studi comparative dengan Fakultas Dakwah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan diakhiri dengan jalan-jalan ria mengelilingi sekitar Masjid Raya Bandung.

tamada2

TAMADA dimulai sejak Sabtu malam (24/9/2016) di aula kampus IAIN Purwokerto, sebelum keberangkatan, mahasiswa baru diajak bersama-sama melakukan istighosah untuk meminta keselamatan kepada sang maha kuasa. Setelah selesai, seluruh peserta bertolak menuju Komplek Makam Syekh Maqdum Wali Banyumas. Di sini, kegiatan dilanjut dengan ziarah kubur, untuk mendoakan ulama yang telah berjasa menyebarkan agama Islam di wilayah kabupaten Banyumas.

tamada

Dari Komplek Makam Syekh Maqdum Wali Banyumas rombongan peserta kemudian langsung berangkat menggunakan 3 buah bus menuju kota Bandung.

Sesampainya di Bandung, yaitu di Taman Hutan Ir. H. Djuanda, kegiatan keakraban dimulai dengan melakukan outbound bersama. Outbound ini, menurut Ardi selaku ketua panitia kegiatan, bertujuan untuk memberikan wahana pengenalan antara mahasiswa baru Fakultas Dakwah.

“Ini adalah kegiatan untuk keakraban, jadi kita mulai dengan outbound, dengan outbound diharapkan mahasiswa baru dapat mengenal dan menjalin hubungan yang baik satu sama lain. Hal ini selaras dengan tema yang kita angkat, yaitu Nice To Meet You,” Kata Ardi yang ditemui di sela-sela kegiatan, Minggu (25/9/2016).

Selesainya outbound, menginjak siang hari, peserta berangkat menuju UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk studi comparative dengan Fakultas Dakwah UI N Sunan Gunung Djati Bandung. Selain mengenal personal mahasiswa, TAMADA juga ditujukan untuk memperkenalkan mahasiswa baru ke dalam dunia kampus. Dalam studi comparative ini, mahasiswa bersama-sama melakukan dialog dan bertukar wawasan antara Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto dan Fakultas Dakwah UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Setelah selesai mengikuti studi comprative, kegiatan TAMADA ditutup dengan mengunjungi Masjid Raya Bandung, peserta TAMADAdipersilahkan untuk berjalan-jalan mengelilingi sekitar Masjid Raya Bandung.

Ardi melanjutkan, dari TAMDA mahasiswa Fakultas Dakwah yang baru diharapkan kedepannya dapat kompak membawa prestasi untuk Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto.

“Semoga TAMADA dapat berkesan bagi mereka (mahasiswa baru). Akhirnya bisa kompak sebagai mahasiswa Fakultas Dakwah, lalu setelah kompak dapat membawa prestasi” Ujar Ardi.

Leave a Reply