Tetap Adakan PPL, Fakultas Dakwah keluarkan Model PPL Terbaru

Purwokerto – Di tengah Pandemi Covid-19, Fakultas Dakwah tetap mengadakan PPL. Adapun peserta yang mengikuti workshop sebanyak 130 mahasiswa dengan rincian 66 mahasiswa Prodi KPI, 38 mahasiswa Prodi BKI, 24 mahasiswa Prodi MD, dan 2 mahasiswa Prodi PMI.

Pembekalan PPL dilakasanakan secara online melalui google meet pada Selasa, 14 Juli 2020. Dalam  PPL periode II (16 Juli-26 Agustus 2020) kali ini terdapat dua macam model PPL yakni model Mandiri dan model Magang. PPL dengan model Mandiri yakni PPL yang dilakukan di lingkungan tempat tinggal sendiri baik di kota, desa, kos maupun di pesantren. Sedangkan PPL dengan model Magang yakni PPL yang dilaksanakan oleh mahasiswa dengan melakukan magang kerja di institusi tertentu yang bergerak sejalan dengan program studi masing-masing.

“Keistimewaan PPL mandiri yang perdana dilakukan oleh Fakultas Dakwah yakni di waktu yang bersamaan mahasiswa dapat mengambil PPL sekaligus KKN. Dengan demikian, pihak Fakultas berharap hal ini dapat medorong mahasiswa agar menyelesaikan studi tepat waktu,” kata Muridan selaku Ketua Laboratorium Fakultas Dakwah.

“Seluruh peserta baik PPL Mandiri maupun Magang diwajibkan untuk mengikuti protokol Kesehatan secara ketat. Ketika Anda PPL mandiri maupun Magang, saya berpesan Anda harus bersentuhan dengan orang lain, mungkin kurang tatap muka tapi Anda akan bersentuhan dengan banyak orang di Lembaga. Yang diperlukan adalah bagaimana Anda menjaga sikap, Anda harus banyak mendengar, termasuk harus sopan santun melalui whatsapp atau media sosial karena Anda di tempat orang lain,” tambah Muskinul Fuad, Wakil Dekan I.

Dari proses PPL ini, mahasiswa mendapat pengalaman dunia kerja yang tidak dipelajari di bangku perkuliahan. Selain itu, PPL ini juga untuk menghasilkan jaringan, komunikasi dan networking. Dengan demikian, mahasiswa akan mudah memperoleh pekerjaan dan relasi. (Alfi-red)

Leave a Reply