Mahasiswa PPL Fakultas Dakwah hasilkan Karya Buku

Laboratorium FD IAIN Purwokerto- Isi Berita

Mahasiswa  PPL Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto berhasil menerbitkan buku berjudul Sepercik Air di Balik Puncak Gerduren. Buku ini berisi cerita perjalanan mahasiswa selama menjalankan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di LPPSLH Banyumas. Melalui bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Pembimbing Lokasi (PL) mahasiswa dilatih untuk mengenali berbagai karakter kehidupan masyarakat baik perkotaan maupun marginal.  Suka duka dalam berinteraksi dengan masyarakat dituliskan oleh masing-masing mahasiswa. Tulisan dibuat dalam bentuk cerita, dalam  bahasa popular dan ringan. Ini bertujuan agar hasil karya enak dibaca dan mudah dipahami. Khofifah sebagai salah satu penulis buku menceritakan keunikannya saat menjalankan PPL di LPPSLH. Dia diperkenalkan dengan praktik Pemberdayan dan pendampingan masyarakat secara langsung. Dia sangat menyukai PPL di LPPSLH karena dapat mengenali dan mendampingi masyarakat dengan berbagai kegiatan dan problematikanya. Dia berharap apa yang ia tulis  bersama teman-temannya dapat menginspirasi pembaca khususnya teman-teman mahasiswa di Fakultas Dakwah.  

Di tempat terpisah, Agus Sriyanto, M. Si,  saat dihubungi di sela-sela kesibukannya sebagai Kaprodi PMI mengatakan bahwa buku ini merupakan kumpulan pengalaman  mahasiswa selama berinteraksi dengan berbagai lapisan masyarakat. Dia berharap kegiatan menulis buku tidak berhenti setelah selesai PPL, tapi berkelanjutan dengan tulisan lain baik dalam bentuk buku maupun jurnal ilmiah. Dia juga berharap pengalaman yang diperoleh selama di lokasi PPL dapat dijadikan sebagai rujukan dalam mengembangkan masyarakat di wilayah tempat tinggal mereka setelah  lulus nanti.

Hal senada juga diungkapkan ketua panitia PPL tahun 2021 Nur Azizah, M. Si. Buku hasil karya mahasiswa ini merupakan karya bersama antara mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) dan Mahasiswa Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI). Dia berharap melalui PPL  mahasiswa belajar membiasakan diri untuk melakukan observasi, interaksi, serta komunikasi dengan masyarakat perkotaan maupun marginal. Lebih lanjut dia berharap buku karya mahasiswa ini dapat menginspirasi dan memotivasi mahasiswa Fakultas Dakwah lainnya dalam mengembangkan kemampuan menulis,  melakukan observasi, interaksi dan komunikasi  dengan masyarakat, ungkapnya. (Dans Labda)

Leave a comment