Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Kudus Studi Banding ke Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto

Penandatanganan MoU Fakultas Dakwah IAIN Kudus dan Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto

Purwokerto – Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto menerima kunjungan studi banding pada hari Jumat, 9 April 2021. Kali ini studi banding datang dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Kudus. Kunjungan tersebut berlangsung dari Pukul 08.00 WIB sampai Pukul 12.00 WIB yang bertempat di Ruang E1 Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto. Rombongan yang dipimpin oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Kudus Dr. Saliyo, M.Si tersebut membawa serta 9 orang yang terdiri dari para Kaprodi, dosen, Analis Keuangan, Pengadministrasi Umum, dan Pengadministrasi Laboratorium. Adapun penyambutan study banding tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. H. Abdul Basit, M.Ag selaku Dekan, Wakil Dekan 1, 2, 3, para Kaprodi, Sekprodi, Kalab, Kabag, kasubag, dosen dan tendik Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto, Prof.Dr. H. Abdul Basit, M.Ag mengucapkan selamat datang di Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto. Ungkapan terimakasih serta penghargaan atas kedatangan kunjungan studi banding ini. Lebih lanjut Abdul Basit menyampaikan kondisi Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto terkait dengan jumlah Prodi yang terdiri dari BKI, KPI, MD dan PMI. Untuk selanjutnya, Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto akan membuka Prodi baru yakni Prodi Jurnalistik. Abdul Basit juga menyampaikan bahwa Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Kudus sudah pernah melakukan MoU.

“Sebenarnya Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto dan Fakultas Dakwah IAIN Kudus itu sudah melakukan MoU,seingat saya sudah. Kemudian perlu ditindaklanjuti dan diperbaharui terutama terkait PKS-nya. Silakan saja Kerjasama atau istilahnya MoA atau apalah monggo terserah. Saya kira bahwa kita perlu menindaklanjuti dari hasil itu dengan berbagai kegiatan. Salah satunya kunjungan ini kalau di akreditasi namanya Brand Marking artinya ada tukar-menukar pengalaman terkait dengan pengembangan mutu. Itu memang menjadi salah satu unsur penilaian poin akreditasi. Biasanya akan mendapat poin 4 kalau ada kegiatan Brand Marking ke kampus-kampus,” ungkap Abdul Basit.

Rombongan Studi Banding Fakultas Dakwah IAIN Kudus dan Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto

Dr. Saliyo, M.Si mengucapkan terima kasih atas penyambutan dan diterimanya rombongan Studi Banding dari Fakultas Dakwah IAIN Kudus. Saliyo mengatakan bahwa tujuan studi banding ini adalah untuk ngangsu kawruh kepada Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto dalam beberapa hal di antaranya akreditasi, kegiatan kemahasiswaan, lembaga mahasiswa, komunitas, dan penggunaan laboratorium. Hal penting yang dipelajari yakni terkait Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

“Kunjungan ini dalam rangka ngangsu kawruh karena sama-sama PTKIN dan reformasinya lebih cepat, ini mau ke UIN dan ada akreditasi A. Tentunya ini hal yang layak untuk kunjungan atau istilah akreditasinya Brand Marking, ngangsu kawruh, resep apa dari Prof. Basit serta assessor juga sering diundang ke Kudus,” ungkap Saliyo.

Acara ini diisi dengan tanya-jawab tentang akreditasi, kegiatan kemahasiswaan, lembaga mahasiswa, komunitas, dan penggunaan laboratorium serta SKPI. Kemudian dilanjutkan dengan penandatangan MoU, pemberian cenderamata, dan foto bersama. (Alfi)

Leave a comment