Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto Lanjutkan Podcast selama Ramadhan 1442H dengan nama “NGOBRAS”

Purwokerto – Awal Ramadhan ini (13/04), Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto melanjutkan program bertajuk Podcast dengan nama “NGOBRAS”. Sebelumnya, Fakultas Dakwah telah berhasil melakukan program Podcast untuk Sertifikasi Manasik Haji Angkatan 2 Tahun 2021. Podcast NGOBRAS ini sebagai program untuk Bulan Ramadhan yang diisi dengan tema-tema aktual yang dibahas dengan asyik dan santai. Oleh karena itu, podcast ini dinamakan “NGOBRAS” yang merupakan singkatan dari “Ngobrol Asyik dan Santuy”, dengan Narasumber dan Host dari Rektor, Wakil Rektor, Kabiro, Kepala Lembaga, kepala UPT, Dekan, Wakil Dekan, Kajur, Sekjur, Kalab, dan dosen Fakultas Dakwah. Take video podcast ini dilakukan di Ruang Media Center Fakultas Dakwah dengan property yang memadai. Selanjutnya, video podcast akan melalui proses editing yang dilakukan oleh mahasiswa dan hasil video tersebut akan diunggah pada Pukul 17.00 setiap harinya di Kanal YouTube Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto dan sosial media Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto.

Dekan Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto, Prof. Dr. H. Abdul Basit, M.Ag mengatakan bahwa tujuan diadakannya podcast ini yakni untuk mengisi program Bulan Ramadhan sekaligus sebagai wadah sosialisasi Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto kepada masyarakat dengan memanfaatkan sosial media. Tujuan lainnya yakni memberikan wadah bagi dosen dan mahasiswa untuk mengembangkan potensi dan kompetensi di bidang media. Dekan berharap semua dosen Fakultas Dakwah bisa menggunakan fasilitas ini untuk membuat perkuliahan dengan model Podcast. Dengan menggandeng mahasiswa, diharapkan mahasiswa dapat praktek secara langsung mengenai materi yang sudah didapatkan di perkuliahan.

“Ngobras itu untuk mengisi Bulan Ramadhan, dasarnya seperti itu. Podcast dibuat agak santai yang kemudian disingkat jadi “Ngobrol Asyik dan Santuy Fakultas Dakwah” yang kira-kira temanya tidak memberatkan. Akhirnya kemudian disusun lah tema-tema yang menarik, aktual, dan hangat diperbincangkan. Intinya sebenarnya NGOBRAS itu, pertama, ngisi Ramadhan. Kemudian yang kedua, untuk sosialisasi Fakultas Dakwah. Saat ini Fakultas Dakwah memiliki web dengan tampilan baru yang di dalamnya terdapat ruang Live YouTube dan Live TV Fakultas Dakwah. Program ini nantinya akan berlanjut, tidak hanya Ramadhan tetapi untuk seterusnya dengan jam tayang yang berbeda. Bulan Ramadhan ini akan tayang setiap hari Pukul 17.00 di Kanal YouTube Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto. Namun setelah Ramadhan akan dibuat jadwal tayang yang baru”, ungkap Abdul Basit.

Ngobras bersama Rektor IAIN Purwokerto

Program ini mendapat apresiasi positif dari Rektor IAIN Purwokerto, Dr. Moh. Roqib, M.Ag. Dalam kesempatan mengisi Podcast “NGOBRAS” pada Kamis, 15 April 2021, Rektor IAIN Purwokerto mengucapkan selamat kepada Fakultas Dakwah yang telah berhasil mengaktifkan media Podcast. Rektor berharap podcast ini dapat menjadi salah satu strategi dalam peningkatan kompetensi mahasiswa Fakultas Dakwah dan juga sebagai salah satu media untuk mensosialisasikan alih status IAIN Purwokerto menjadi UIN Profesor Doktor Kyai Haji Saefudin Zuhri. (Alfi)

Leave a comment