Mahasiswa KPI Raih Juara 2 Lomba Videografi Parade Jurnalistik Nasional

Fakultas Dakwah – Eka Nurrochman, Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah meraih juara ke-2 dalam lomba Videografi Parade Jurnalistik Nasional IAIN Parepare (29/5/2021). Eka membuktikan bahwa mahasiswa tetap bisa berprestasi walaupun dengan ruang gerak yang terbatas di masa pandemi.

Dalam videografi tersebut, Eka mengangkat kebudayaan Banyumas dengan fokus pada tema “Cablaka”. Videografi ini dibuat pada masa pandemi yang juga bertepatan dengan bulan Ramadhan. Eka menuturkan masa durasi yang diperlukan dalam pembuatannya sekitar 2 minggu. “Banyak sekali kesulitan dalam pengerjaannya, termasuk susahnya membuat janji dengan narasumber, waktu persiapan yang mepet dan peralatan yang ada. Namun Alhamdulillah, walaupun tadi sempet was – was juga, akhirnya dapat juara”, ungkap Eka.

Eka Nurrochman, yang juga merupakan ketua komunitas fotografi Fixlens Fakultas Dakwah menjelaskan, bahwa videografi ini dibuat tidak semata-mata dalam rangka memenangkan kompetisi, tetapi juga ingin melibatkan peran aktif dari elemen mahasiswa yang lain. Beberapa bagian di dalamnya, seperti voice over dalam videografi diisi oleh Mila Nur Fitriana, mahasiswa KPI yang juga merupakan General Manager komunitas Radio Star FM Fakultas Dakwah.

Selain itu, videografi berjudul “Cablaka” ini tidak hanya menekankan pada aspek estetis visual saja, seperti kebanyakan videografi yang lain tetapi juga memberi penekanan kepada aspek konten dan cerita di dalamnya, selain lebih enak dilihat juga harapannya memberi manfaat bagi masyarakat yang lebih luas.

Dihubungi secara terpisah, Pembina komunitas Fotografi Fixlens Oki Edi Purwoko menyatakan bahwa videografi ini sangat menarik apalagi jika dikaitkan dengan adanya keprihatinan gaya Bahasa Banyumasan yang dikenal masyarakat luas hanya sebagai bahasa yang lucu dan khas pelawak. “Bahasa dan Identitas Banyumas sangat penting, makanya stereotip lucu itu harus kita imbangi dengan stereotip yang positif,” jelas Pak Oki.

Lomba videografi ini merupakan bagian dari Parade Jurnalistik Nasional yang diselenggarakan Prodi Jurnalistik Islam, FUAD, IAIN Parepare. Pada puncak acara tersebut, penganugerahan hadiah diumumkan secara online pada Sabtu, (29/5/2021) oleh Wadek I FUAD IAIN Parepare, Dr Iskandar, M. SOS.I. (OEP)

Selamat!!

Leave a comment