PMI

A. PROFIL

Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) merupakan salah satu dari empat program studi yang ada di bawah naungan Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto. Program Studi ini berdiri pada tahun 2015 seiring dengan adanya perubahan kelembagaan STAIN Purwokerto menjadi IAIN Purwokerto, berdasarkan SK No. 547 Tahun 2015 yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI pada tanggal 28 Januari 2015. Kehadiran Program Studi ini dilatarbelakangi oleh kondisi sosial, budaya, politik, dan ekonomi nasional dan global, khususnya terkait dengan pembangunan dan pengembangan masyarakat.

B. VISI DAN MISI

VISI

Visi Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) adalah “Pada Tahun 2039 menjadi Program Studi yang Unggul, Islami, dan Berkeadaban dalam Pengkajian dan Pengembangan Masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang unggul di bidang pengembangan masyarakat penyandang masalah kesejahteraan sosial.
  2. Mengembangkan ilmu kesejahteraan sosial yang inklusif-integratif.
  3. Mengembangkan ilmu kesejahteraan sosial yang berbasis nilai-nilai keislaman dan kemanusiaan.
  4. Mencetak pekerja sosial dalam upaya membangun masyarakat penyandang masalah kesejahteraan sosial.

C. TUJUAN

Mencetak tenaga ahli profesional di bidang pengembangan masyarakat Islam, menghasilkan penelitian yang inovatif di bidang pengembangan dan pemberdayaan masyarakat penyandang masalah kesejahteraan sosial, serta mewujudkan komunitas yang religius, kritis, dan memiliki komitmen terhadap nilai-nilai keadilan dan kemanusiaan.

D. CAPAIAN LULUSAN

  1. Pengembangan kualitas akademik.
  2. Pengembangan kualitas layanan lembaga.
  3. Pengembangan kualitas mahasiswa
  4. Pengembangan kualitas penelitian.
  5. Pengembangan kualitas pengabdian pada masyarakat.

E. IJAZAH DAN SYARAT KELULUSAN

Ijazah akan diberikan setelah mengikuti wisuda dan syarat kelulusan setelah menyelesaikan seluruh perkuliahan dan mendapatkan nilai yang masuk dalam transkrip nilai serta sudah mengikuti sidang munaqosah skripsi sehingga mendapatkan gelar kesarjanaan Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) adalah S.Sos (Sarjana Sosial).

F.KURIKULUM.

Kurikulum Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) IAIN Purwokerto  digunakan adalah Kurikulum KKNI Tahun 2016 mulai diimplementasikan. Selanjutnya, berdasarkan perkembangan kecenderungan pengembangan akademik di Perguruan Tinggi, yaitu berbasis Program Studi, maka proporsi struktur muatan kurikulum IAIN Purwokerto diputuskan untuk mengikuti model sebagaimana terlihat dalam gambar berikut ini :

Mata Kuliah Ke-IAIN-an: 20%

Mata Kuliah kedakwahan: 30%

Mata Kuliah Prodi: 50%

Dengan demikian, proporsi struktur muatan kurikulum di Prodi Pengembangan Masyarakat Islam IAIN Purwokerto untuk program Sarjana (S.1) rinciannya adalah sebagai berikut :

  1. Mata Kuliah ke-IAIN-an    =  28% X 146 = 40 sks
  2. Mata Kuliah Kedakwahan =  27% X 146 = 44  sks
  3. Mata Kuliah Prodi             =  45% X 146 = 62 sks

G.PENERIMAAN MAHASISWA DAN WISUDAWAN

Dari segi pengembangan kompetensi mahasiswa dan lulusannya, Program Studi PMI telah berhasil menggandeng Kementerian Sosial RI dan Lembaga Sertifikasi Pekerjaan Sosial (LSPS) dalam program Sertifikasi Tenaga Kesejahteraan Sosial. Di luar itu, Program Studi PMI telah pula menjalin kerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya dan LED Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Lingkungan Hidup (LPPSLH) Purwokerto dalam bentuk pemagangan dan praktek pengalaman lapangan mahasiswa dalam bidang pemberdayaan dan pendampingan masyarakat di wilayah Jawa Tengah Selatan. Di samping itu, saat ini sedang dijalin pula sebuah kerjasama dengan berbagai LSM dalam program Sekolah Pemberdayaan bagi mahasiswa.

H. DOSEN DAN FASILITAS

Terkait dengan potensi dan pengembangan sumber daya manusia di Program Studi PMI, saat ini terdapat tiga orang dosen yang merupakan lulusan S2 program Islamic Interdisciplinary Studies konsentrasi Social Work, yaitu DR Ashabuddin, Imam Alfi, dan Ageng Widodo.

Fakultas Dakwah, saat ini memiliki dua gedung utama, yang digunakan untuk perkantoran dan perkuliahan, dan satu gedung penunjang yang dimanfaatkan untuk laboratorium terpadu, radio, dan komunitas kemahasiswaan. Di luar itu, terdapat pula sarana penunjang lainnya seperti masjid, kantin, lahan parkir, jaringan internet, lapangan olahraga, mobil operasional, dan perpustakaan yang telah terakreditasi A.

H. LAYANAN PRODI S1

Layanan Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) IAIN Purwokerto:

  1. Layanan akademik (Perkuliahan, UTS dan UAS, Nilai, KHS, Transkrip Nilai, dll)
  2. Layanan Bimbingan akademik
  3. Layanan Bimbingan Tugas Akhir/Skripsi
  4. Layanan Pengajuan Judul Skripsi
  5. Layanan Ujian Seminar Proposal Skripsi
  6. Layanan Ujian Komprehensif
  7. Layanan Ujian Munaqosah Skripsi